Catat! Kedubes Jerman Tidak Sudi Disebut Mendukung FPI

Catat! Kedubes Jerman Tidak Sudi Disebut Mendukung FPI
Bendera Republik Federal Jerman. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI telah memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman untuk menyampaikan protes terkait kabar kehadiran personel mereka di sekretariat Front Pembela Islam (FPI).

"Dalam pertemuan, Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman membenarkan keberadaan staf Kedutaan di sekretariat organisasi tersebut," tulis Kemlu RI dalam sebuah pernyataan resmi, Senin (21/12).

Namun, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman berkilah bahwa keberadaan staf tersebut merupakan inisiatif yang bersangkutan sendiri, bukan atas perintah institusi.

Bahkan, lanjut dia, pihak kedutaan sama sekali tidak mengetahui tindakan staf tersebut.

"Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut," kata Kemlu.

Sebelumnya, pihak FPI mengklaim kedatangan perwakilan Kedutaan Besar Jerman ke markas mereka di Petamburan, Jakarta Pusat, bertujuan untuk silaturahmi.

Bagaimanapun, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman mengatakan kedatangan stafnya itu tidak mencerminkan kebijakan Pemerintah dan Kedutaan Besar Jerman.

Dan yang terpenting, Kedubes Jerman tidak terima kedatangan staf tersebut dianggap sebagai bentuk dukungan [emerintah negara benua Eropa tersebut kepada FPI.

Kedutaan Besar Jerman langsung meminta maaf atas kehadiran salah satu personelnya di markas FPI beberapa waktu lalu

Sumber Antara