JPNN.com

Catat! Tanggal Lion Air Mulai Terapkan Bagasi Berbayar

Selasa, 15 Januari 2019 – 00:31 WIB Catat! Tanggal Lion Air Mulai Terapkan Bagasi Berbayar - JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Maskapai Lion Air akan menerapkan sistem bagasi berbayar mulai 16 Januari 2019. Kepastian ini disampaikan oleh Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso.

"Informasi terakhir yang kami terima tanggal itu (16 Januari) mulai berlakunya. Kalau Citilink kepastian pemberlakuan sistem itu (bagasi berbayar) masih belum diketahui," katanya.

Suwarso memperkirakan pemberlakuan sistem bagasi berbayar akan memberikan dampak di Hang Nadim maupun perekonomian Kota Batam. Namun, adanya aturan membolehkan maskapai menerapkan tarif bagasi berbayar, pihak bandara tidak dapat berbuat banyak atas penghapusan bagasi gratis tersebut.

"Kami hanya bisa memantau dan memastikan sistem baru ini bisa berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Kemenhub sudah mewanti-wanti bandara seluruh Indonesia mengawasi hari pertama sistem ini diberlakukan," ucapnya.

Diberlakukannya sistem bagasi berbayar ini, dirasa cukup memberatkan masyarakat. Karena dikala harga tiket tinggi, masyarakat harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar barang yang masuk dalam bagasi.

Terkait harga tiket yang tinggi ini, Suwarso menuturkan bahwa beberapa maskapai menyatakan kondisinya masih dalam suasana peak season. Walaupun, pihak bandara dan Kementrian Perhubuangan (Kemenhub) menyatakan peak season sudah berakhir 6 Januari lalu.

"Tapi, maskapai itu lebih panjang, hingga 15 Januari. Kalau kami sudah nyatakan kondisi peak season berakhir," ucapnya.

Karena kondisi peak season inilah, menjadi alasan maskapai berbiaya murah memasang tarif tiket yang tinggi, hampir menyentuh ambang batas atas harga tiket untuk kelas ekonomi. "Mungkin setelah 15 Januari akan turun. Turun atau tidaknya setelah 15 Januari, sepenuhnya kebijakan dari maskapai," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...