Catatan Ketua MPR: Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi

Oleh: Bambang Soesatyo

Catatan Ketua MPR: Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) merilis kabar gembira pada Senin (6/5).

Dua institusi negara itu melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia per triwulan I 2024 tetap tinggi, yakni mencapai 5,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Kecenderungan positif ini patut dikelola dengan penuh kebijaksanaan dan kehati-hatian, terutama saat dunia masih sarat ketidakpastian.

Lebih dari itu, kabar dan fakta ini menjadi modal yang lebih dari cukup bagi negara-bangsa melakukan transisi pemerintahan; dari administrasi pemerintahan pimpinan Presiden Joko Widodo ke administrasi pemerintahan baru, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Tentu saja, tim transisi Prabowo-Gibran diharapkan menjadikan kabar dan fakta dimaksud sebagai modal sekaligus pijakan untuk menjalankan manajemen pemerintahan baru.

Sudah pasti tantangannya adalah merawat dan mempertahankan pertumbuhan yang tinggi itu.

Berangkat dari tantangan itulah menjadi sangat penting bagi tim transisi Prabowo-Gibran untuk pro-aktif membangun komunikasi yang intens dengan tim ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Setelah mendalami permasalahan dan tantangannya, tidak salah juga jika tim transisi mengajukan proposal atau strategi kebijakan untuk merawat dan mempertahankan pertumbuhan yang tinggi itu.

Pesannya sederhana saja: pertumbuhan tinggi itu patut dirawat dan dipertahankan.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi itu patut dirawat dan dipertahankan, ini tantangan buat pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News