Cegah Corona, Ahli Tekankan Pentingnya Jaga Kebersihan Barang Konsumsi

Cegah Corona, Ahli Tekankan Pentingnya Jaga Kebersihan Barang Konsumsi
Ilustrasi ODP dan PDP Corona. Foto: Radar Solo

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof. Amin Soebandrio menyarankan masyarakat supaya menerapkan protokol kebersihan pada barang konsumsi, termasuk produk makanan dan kemasannya untuk mencegah penularan corona.

"Semua orang dan benda yang berada di tempat umum berpotensi tercemar. Intinya adalah kebersihan diri, termasuk makanan," kata Amin.

Pada periode pandemi ini, Amin meminta masyarakat untuk tidak mengonsumsi makanan mentah. Sayur yang akan dimasak maupun buah yang bakal dikonsumsi pun sebaiknya dicuci lebih dulu dengan air.

"Atau bersihkan dengan air dan sedikit sabun cair yang aman untuk makanan," ucapnya.

Masyarakat juga harus memastikan setiap kemasan yang baru dibeli atau diterima dari layanan pesan antar diseka dengan antiseptik.

"Pastikan mencuci tangan sebelum memproses makanan atau bahan makanan dan apapun yang masuk mulut, termasuk rokok dan permen," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya juga menginformasikan sangat kecil kemungkinan manusia dapat tertular COVID-19 melalui barang konsumsi.

Sebab, COVID-19 adalah penyakit pernapasan dan jalur penularan utamanya melalui kontak orang dengan orang. Serta, kontak langsung melalui pernapasan lewat tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin.

Masyarakat diminta menerapkan protokol kebersihan pada barang konsumsi, termasuk produk makanan dan kemasannya untuk mencegah penularan corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News