Cegah Kelainan Jantung Anak

Cegah Kelainan Jantung Anak
Cegah Kelainan Jantung Anak
JAKARTA - Tingginya tingkat penyakit jantung pada bayi akhir-akhir ini cukup membuat risau para calon ibu. Pasalnya, menurut riset kedokteran, satu dari 10 bayi yang lahir menderita kelainan jantung. 

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk mencegah hal itu? Menurut Kepala Bagian Bedah RS Husada, Jakarta, dr Lie A Dharmawan SpB SpBTKV, medical check up pra-nikah menjadi hal yang sebaiknya dilakukan oleh calon pasangan suami istri (pasutri). "Akan lebih baik begitu. Sebab salah satu penyebab kelainan jantung pada anak adalah karena serangan virus atau infeksi," ulasnya.

Virus rubella dan toksoplasma dianggap sebagai penyumbang terbesar dalam sejumlah kasus kelainan jantung pada anak.  Maka itu, lanjut Lie, jika sudah melakukan medical check up sejak awal bisa dilakukan pembersihan jika ditemukan virus itu.

"Maka itu, calon ibu harus divaksin rubella. Jangan sampai kena campak ketika hamil muda. Itu kemungkinan besar anak bisa kelainan jantung," terang dokter pendiri LSM DoctorShare itu.

JAKARTA - Tingginya tingkat penyakit jantung pada bayi akhir-akhir ini cukup membuat risau para calon ibu. Pasalnya, menurut riset kedokteran, satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News