Cegah Masyarakat Berobat ke Luar Negeri, Begini Pesan Wamenkes Dante untuk RSUP Dr. M. Djamil

Cegah Masyarakat Berobat ke Luar Negeri, Begini Pesan Wamenkes Dante untuk RSUP Dr. M. Djamil
Wamenkes Dante Saksono. Foto/ilustrasi: (Biro Pers Sekretariat Presiden)

jpnn.com, PADANG - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melakukan audiensi dengan seluruh jajaran direksi RSUP Dr. M. Djamil Padang dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Selasa (6/4).

Dalam pertemuan ini, Dante mendorong rumah sakit untuk menyediakan pelayanan kesehatan terbaik untuk mencegah masyarakat berobat ke luar negeri.

Menurutnya, masyarakat harus menggunakan fasilitas dan pelayanan kesehatan dalam negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada situasi pandemi Covid 19.

"Kami harus melakukan resiliansi untuk memberikan pelayanan yang maksimal sehingga pasar kesehatan tersebut masuk lagi ke pasar dan industri yang ada di Indonesia,” kata Dante.

Akibat pengobatan ke luar negeri, lanjut Dante, setiap tahunnya Indonesia kehilangan devisa sebesar Rp 100 triliun.

Dia mengungkapkan bahwa uang tersebut bisa digunakan untuk membangun pusat-pusat layanan terpadu, peningkatan kualitas tenaga medis, dan modernisasi alat kesehatan.

“Kuncinya cuma satu bahwa aspek pelayanan dan profesionalisme harus ditingkatkan. Jadi kata kunci dari semua itu adalah kepercayaan, supaya masyarakat Indonesia mau berobat ke RS-RS unggulan salah satunya RSUP Dr.M. Djamil Padang,” tutur Dante.

Pria kelahiran Temanggung itu mengungkapkan, dia ingin membangun kekuatan yang sinergis antara Kementerian Kesehatan dengan 79 rumah sakit di Sumatera Barat untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melakukan audiensi dengan seluruh jajaran direksi RSUP Dr. M. Djamil Padang dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News