JPNN.com

Cegah Rush Money, Mandiri Harus Pulihkan Sistem

Sabtu, 20 Juli 2019 – 19:09 WIB Cegah Rush Money, Mandiri Harus Pulihkan Sistem - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi keamanan siber Pratama Persadha mengimbau masyarakat untuk tenang dan menunggu maintenance Bank Mandiri benar-benar selesai dalam mengembalikan dana nasabah. Pratama berharap peristiwa ini tidak menimbulkan rush money di masyarakat.

Chairman Communication and System Security Research Center atau CISSReC itu mengatakan, kalau memang penyebab utamanya karena maintenance, Bank Mandiri harus benar-benar memastikan sistem update-nya siap terlebih dahulu di lab pengetesan.

"Bila langsung diaplikasikan secara live memang selalu ada kemungkinan error,” kata Pratama dalam keterangannya, Sabtu (20/7).

Pratama mengingatkan, ke depan Bank Mandiri harus benar-benar menyiapkan sistemnya dengan baik, terutama saat maintenance dan update.

“Jangan sampai peristiwa saldo berkurang ini terjadi berulang kali. Nasabah bisa hilang kepercayaan, tidak hanya pada satu bank, bisa membahayakan sistem perbankan nasional,” katanya.

BACA JUGA: Bank Mandiri Gangguan, Sebanyak 1,5 Juta Nasabah Terdampak

Pratama berharap persoalan ini menjadi pelajaran untuk seluruh pihak terkait. Apalagi Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di tanah air. Harapannya untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan nasabah, yang ujungnya adalah menjaga stabilitas nasional.

Terlebih, akibat dari sistem yang error memang dirasakan seluruh nasabah Bank Mandiri yang kesulitan melakukan transaksi sejak Sabtu siang. Pratama juga berharap tidak ada satu rupiah-pun uang nasabah yang hilang dan tidak kembali.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...