Cegah Varian Baru Covid-19, Ganjar Minta Masyarakat Memperketat Prokes

Cegah Varian Baru Covid-19, Ganjar Minta Masyarakat Memperketat Prokes
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com - SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat di provinsinya untuk memperketat penerapan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu untuk mencegah bertambahnya penderita varian baru Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah.   

"Protokol kesehatan perlu diperketat lagi sejalan vaksinasi booster juga dikebut ke daerah-daerah yang rajin melakukan vaksinasi," kata Ganjar di Semarang, Kamis (10/11), menanggapi teridentifikasinya 19 pasien varian baru Covid-19 di Jawa Tengah.

Dia menjelaskan bahwa pengetatan sebenarnya ada dua, yaitu pemakaian masker dan penyuntikan vaksin penguat (booster). “Percepatan booster, kami realokasi untuk menolong kabupaten yang agak rajin untuk vaksinasi penguat. Kemarin, alhamdulillah sudah dikirim lagi untuk booster, sekarang kami genjot," paparnya.

Dia menyatakan meskipun muncul varian baru, masyarakat akan tetap aman dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Ganjar mengaku varian baru di Jawa Tengah ada. "Insyaallah kalau masyarakat disiplin, kumpul-kumpul begini pakai masker, mudah-mudahan amanlah," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yunita Dyah Suminar menambahkan ada enam pasien yang teridentifikasi varian XBB. Pasien tersebut berasal dari Semarang, Jepara, serta Grobogan.

Berdasarkan data corona.jatengprov.go.id hingga Rabu (9/11) pukul 17.00 WIB tercatat ada 3.440 kasus COVID-19 aktif atau naik 394 kasus dari sebelumnya. (antara/jpnn)

Ganjar Pranowo meminta masyarakat di provinsinya untuk memperketat penerapan protokol kesehatan mencegah penularan varian baru Covid1-19.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News