Ceramah Gus Muwafiq Tentang Penggemar Drama Korea dan Kafir Bikin Ngakak

Ceramah Gus Muwafiq Tentang Penggemar Drama Korea dan Kafir Bikin Ngakak
KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq memberi ceramah soal drama Korea. Foto : Instagram official Gus Muwafiq.

jpnn.com, JAKARTA - Ulama kondang asal Yogyakarta KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq terkenal memiliki sering memberi ceramah segar dan baru-baru ini dia sempat berceramah tentang drama korea yang booming di Indonesia.

Ini disampaikannya menyusul banyaknya penggemar Kpop dan drama korea di Indonesia. Para penggemar maupun idola kpop mereka dianggap sebagian kalangan sebagai orang kafir. Pemikiran inilah yang ditepis Gus Muwafiq.

Cuplikan ceramah ini diunggah akun Udin Oppa di YouTube dan sudah dilihat 171 ribu viewers dan 3,1 K memberi like.

Dalam ceramah itu, Gus Muwafiq mengatakan tak ada yang salah dengan kegemaran warga Indonesia menonton drama Korea. Karena itu, dia tidak terima jika ada yang menyatakan drama korea adalah bagian dari  kafir.

"Nonton film Korea biasa aja, enggak usah kafir. Masa gara-gara kalah ganteng sama aktornya terus dibilang kafir. Jangan gitulah," kata Gus Muwafiq sambil tersenyum dan disambut tawa riuh para pendengar ceramahnya.

Dia menyatakan Indonesia beraneka ragam bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika karena itu, tidak semua hal harus diributkan. 

Gus Muwafiq juga menegaskan bahwa Indonesia sudah ditanamkan toleransi antarlima agama, karena itu pihak-pihak yang suka perpecahan diminta untuk tidak memperdebatkan hal itu.

"Kalau ada banser atau Ansor jaga gereja, enggak usah ribut. Itulah warisan asli Indonesia. Di Bali yang jaga masjid, pecalang. Di New Zealand yang jaga masjid orang nasrani, enggak usah ribut. Ada yang masuk gereja, enggak usah marah, enggak usah emosi. Sudah biasa saja. Ini di Indonesia," pungkasnya. (flo/jpnn)

Gus Muwafiq memberi ceramah tentang para penggemar drama korea dan Kpop yang dianggap sebagian kalangan sebagai orang kafir


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News