Cerita Gravit, Jadi AO PNM Mekaar hingga Bisa Buka 2 Kedai Kopi Sendiri

Cerita Gravit, Jadi AO PNM Mekaar hingga Bisa Buka 2 Kedai Kopi Sendiri
Usia muda tak menjadi halangan bagi Gravit, seorang Account Officer Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar menjadi pengusaha. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - Usia muda tak menjadi halangan bagi Gravit, seorang Account Officer Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar menjadi pengusaha.

Bergabung dengan PNM Mekaar di 2019, kini perempuan berusia dua puluh tahunan itu berhasil membuka dua kedai kopi dan 1 usaha distribusi di Situbondo.

Awalnya Gravit menyisihkan penghasilannya sebagai AO dan memulai langkah untuk mengumpulkan modal usaha kedai kopinya.

Berkunjung ke Jakarta pada 2022 lalu, Gravit menceritakan perjuangannya yang tentu tidak mudah. Ia mengaku keluarganya sempat mengalami kesulitan ekonomi yang cukup serius.

Tertimpa musibah, Gravit dan keluarga harus menjadi korban penipuan. Walaupun masih belia, rasa tanggung jawab untuk mensejahterakan keluarganya besar ia rasakan.

Gravit bergabung menjadi salah satu dari 63.900 anggota PNM Mekaar, meski kesehariannya dalam mendampingi mak mak nasabah.

Pengdampingan itu secara tidak langsung menambah pengetahuannya terkait kewirausahaan.

Mulai dari kegiatan pencairan, hingga pendampingan usaha pada setiap petemuan mingguan. Sampai akhirnya di 2022 lalu, Gravit berhasil mendirikan 3 kedai kopi atas jerih payahnya sendiri.

Usia muda tak menjadi halangan bagi Gravit, seorang Account Officer Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar menjadi pengusaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News