Cetak e-KTP Tuntas Sebelum Lebaran

Cetak e-KTP Tuntas Sebelum Lebaran
Miris, Stok Blangko e-KTP Hingga Kini Masih Kosong Ilustrasi by: Riko A/Radar Nunukan

jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Jawa Timur terus berupaya mempercepat proses cetak e-KTP.

Dispendukcapil menargetkan seluruh pemegang surat keterangan (suket) pengganti e-KTP bisa melakukan pencetakan sebelum Lebaran 2017.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Suharto Wardoyo mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki 40 ribu blangko e-KTP. Itu didapat setelah pekan lalu Kemendagri menggelontor sebanyak 30 ribu blangko tambahan.

“Kami targetkan sebelum Lebaran 2017 seluruh pemegang surat keterangan sudah melakukan pencetakan e-KTP. Karena itu kami percepat proses pencetakannya,” kata Suharto seperti yang dilansir Radar Surabaya, Minggu (14/5).

Masalahnya, jumlah pemegang surat keterangan e-KTP mencapai 125 ribu. Sedangkan blangko yang tersedia hanya 40 ribu.

Untuk itu, pihaknya berencana meminta blangko tambahan kepada Kemendagri. “Sebab, kami yakin pada akhir Mei nanti blangko e-KTP sudah habis. Saat ini saja dari 40 ribu blangko, 5.000 di antaranya sudah terpakai,” jelas pria yang akrab disapa Anang ini.

Hal itu dinilai wajar. Sebab, Anang mengatakan, pihaknya terus mempermudah proses cetak.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan menyebar alat cetak e-KTP ke setiap wilayah. Total, Dispendukcapil telah mempersiapkan 16 alat cetak e-KTP yang ada.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Jawa Timur terus berupaya mempercepat proses cetak e-KTP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News