Chairman ABC Justin Milne Mundur Setelah Pecat Direktur Pelaksana Michelle Guthrie

Chairman ABC Justin Milne Mundur Setelah Pecat Direktur Pelaksana Michelle Guthrie
Chairman ABC Justin Milne Mundur Setelah Pecat Direktur Pelaksana Michelle Guthrie

Dalam selang hanya empat hari, dua pucuk pimpinan lembaga media Australia ABC tidak lagi menduduki jabatannya.

Hari Kamis (27/9/2018), Chairman (Presiden Dewan Direktur ABC) Justin Milne mengundurkan diri dan menggambarkan apa yang terjadi dalam seminggu terakhir sebagai 'firestorm (badai api besar).'

Milne mengundurkan diri setelah sebelumnya hari Senin, dalam kedudukannya sebagai Chairman, memecat Direktur Pelaksana Michelle Guthrie, karena mengganggap Guthrie tidak memiliki gaya kepemimpinan untuk membawa ABC ke depan.

Namun sehari setelah pemecatan, beredar email bahwa Justin Milne pernah mengirimkan surat kepada Guthrie mendesak agar salah seorang wartawan ABC Emma Alberici dipecat karena Alberici tidak disukai oleh pemerintah Australia.

Munculnya laporan email tersebut di media menimbulkan pertanyaan apakah sebagai Chairman, Justin Milne berusaha mempengaruhi independensi ABC sebagai media.

Setelah pengunnduran diri Milne, Dewan Direktur ABC sedang bertemu untuk menentukan siapa yang akan menjadi Chairman sementara.

Dalam wawancara ekslusif dengan Leigh Sales dalam acara 7.30 milik ABC, Milne menggambarkan peristiwa seminggu terakhir sebagai 'badai api besar' dan dia ingin 'menyediakan saluran pemadam".

"Jelas sekali ada banyak tekanan terhadap organisasi, dan selalu kepentingan saya adalah menjaga kepentingan organisasi." katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News