China Hentikan Deportasi Warga Korut

China Hentikan Deportasi Warga Korut
China Hentikan Deportasi Warga Korut
TOKYO - Sikap Korea Utara yang tetap melakukan peluncuran roket meski ditentang Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya  ternyata juga membuat kesal China yang selama ini dikenal sebegai sekutu abadi negara komunis tersebut. Sebagai bentuk protes, China dilaporkan telah menghentikan upaya deportasi warga Korut yang selama ini kabur ke negeri berjuluk tirai bambu tersebut.

Harian Yomiuri Shimbun di Jepang, Rabu (18/4) yang mengutip dua pejabat pemerintahan China mewartakan bahwa kebijakan untuk memulangkan warga Korut yang melewati perbatasan kedua negara untuk mencari penghidupan yang lebih layak di China telah dihentikan. Sebab jika warga Korut yang kabur itu dideportasi, maka nyawanya dipastikan terancam.

“Jika para pengungsi dikembalikan ke Korut, hidup mereka sudah pasti akan berakhir. Kami sama sekali tidak bisa membiarkan hal tersebut,” ungkap seorang pejabat pemerintah di Provinsi Liaoning, China seperti dikutip Yomiuri Shimbun. Liaoning adalah provinsi di China yang berbatasan langsung dengan Korut.

Sementara seorang pejabat lainnya mengatakan, kebijakan penghentian deportasi itu diambil karena Pyongyang tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan  pemerintah China sebelum meluncurkan roket pembawa satelit yang diklaim oleh negara-negara barat sebagai uji coba senjata terselubung. “Korut sama sekali tidak memberitahukan kepada Cina rincian rencana peluncuran misil tersebut,” ungkapnya.

TOKYO - Sikap Korea Utara yang tetap melakukan peluncuran roket meski ditentang Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya  ternyata juga membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News