China Kumpulkan Tetangga Afghanistan, Indonesia Dapat Jatah Bicara?

China Kumpulkan Tetangga Afghanistan, Indonesia Dapat Jatah Bicara?
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto: ZHU XINGXIN / CHINA DAILY

jpnn.com, BEIJING - Sebanyak enam menteri luar negeri yang negaranya bertetangga dengan Afghanistan telah mengonfirmasikan kehadirannya dalam pertemuan di Tunxi, Provinsi Anhui, China, pada Rabu (30/3) hingga Kamis (31/3).

Menurut informasi yang didapatkan ANTARA Beijing dari Kementerian Luar Negeri China (MFA), Selasa, keenam negara tersebut adalah Pakistan, Iran, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Pelaksana tugas Menlu Afghanistan Amir Khan Muttaqi dijadwalkan berbicara dalam forum tersebut untuk menyampaikan situasi terkini di negaranya.

Menurut MFA, Menlu Indonesia dan Menlu Qatar diundang dalam pertemuan tersebut sebagai tamu.

Menurut jadwal yang didapat ANTARA Beijing, kedua menlu itu masing-masing mendapatkan kesempatan berbicara selama lima menit terkait isu Afghanistan.

Selain Menlu Retno Marsudi, pada Jumat (31/3) hingga Minggu (3/4) China juga mendapatkan kunjungan dari tiga negara ASEAN lainnya, yakni Menlu Thailand Don Pramudwinai, Menlu Filipina Teodoro L Locsin Jr, dan penjabat menteri luar negeri Myanmar U Wunna Maung.

Setelah itu, China dijadwalkan menerima kunjungan Menlu Panama Erika Mouynes pada Senin (4/4).

"Situasi Afghanistan sekarang sedang krisis. Rakyat Afghanistan sedang menghadapi berbagai tantangan dari dalam dan luar sehingga butuh bantuan dari negara lain," kata juru bicara MFA Wang Wenbin mengenai pertemuan di China bagian timur itu.

Menurut Kementerian Luar Negeri China, status Menlu Indonesia dan Menlu Qatar hanyalah tamu dalam pertemuan negara tetangga Afghanistan tersebut

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News