JPNN.com

Chip Exynos 2100 Besutan Samsung, Spesial untuk Ponsel Flagship

Jumat, 15 Januari 2021 – 03:01 WIB
Chip Exynos 2100 Besutan Samsung, Spesial untuk Ponsel Flagship - JPNN.com
Exynos 2100. Foto: Samsung

jpnn.com, KOREA SELATAN - Samsung Electronics memperkenalkan chipset Exynos 2100 yang akan digunakan pada ponsel flagship mereka.

"Tim Exynos kami telah berkomitmen untuk membuat pengalaman mobile computing premium dengan membawa inovasi untuk prosesor yang saat ini merupakan jantung dari perangkat pintar," kata Presiden of System LSI Business Samsung Electronics Inyup Kang, dalam keterangan pers.

Exynos 2100 merupakan chip seluler pertama buatan Samsung yang terintegrasi dengan 5G.

Samsung menggunakan teknologi 5nm EUV untuk menghemat pemakaian daya hingga 20 persen, dan performa 10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan chip terdahulu.

CPU octa-core pada Exynos 2100 berupa satu Arm Cortex-X1 (2.9GHz) dengan tri-cluster structure yang telah diperbaiki, menawarkan kecepatan hingga 2.9GHz.

CPU juga terdiri dari tiga Cortex-A78 untuk performa dan empat Cortex-A55 untuk peningkatan 30 persen pada performa multi-core.

Sementara itu pada GPU, chip terbaru menggunakan Arm Mali-G78 yang meningkatkan performa grafik lebih dari 40 persen, termasuk dalam penggunaan gaming, AR, VR atau Mixed Reality (MR).

Exynos 2100 juga mengintegrasikan teknologi advanced multi-IP governor (AMIGO), yang mengawasi dan mengoptimalisasi penggunaan daya pada CPU, GPU dan proses-proses lainnya, memberikan waktu penggunaan yang lebih lama meski dalam aktivitas on-screen yang intens.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha