Ciri-ciri Pemilih Cerdas Menurut Tjahjo Kumolo

Ciri-ciri Pemilih Cerdas Menurut Tjahjo Kumolo
Warga menggunakan hak suaranya. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat di 171 daerah yang menggelar Pilkada serentak 2018 menjadi pemilih yang cerdas, untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

"Ciri-ciri pemilih cerdas, mampu menggali rekam jejak calon pemimpin yang ada. Rajin mencari informasi dan mempelajari program, visi misi yang ditawarkan pada masyarakat," ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (10/1).

Selain itu, mengedepankan rasionalitas dalam memilih. Artinya, kata mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini kemudian, memilih berdasarkan penilaian yang objektif dan komprehensif tanpa dipengaruhi tekanan pihak lain.

"Perlu diketahui, pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan berdasarkan prinsip demokrasi langsung, umum, bebas dan rahasia, sesuai Pancasila dan UUD 1945," ucapnya.

Tjahjo optimistis, Pilkada 2018 bakal berlangsung dengan baik atas dukungan seluruh elemen yang ada. Baik itu masyarakat sebagai pemilik suara, partai politik, pemerintah dan penyelenggara pilkada.

"Tolok ukur sukses pilkada adalah terjaganya aspek stabilitas nasional, meningkatnya partisipasi pemilih, serta memperkuat proses persiapan untuk memeroleh kepala daerah dan wakil kepala daerah yang amanah," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)


Mendagri Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dalam menggunakan hak suaranya di pilkada serentak 2018.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News