Civitas Ganjar Berikan Edukasi Politik Untuk Anak Muda di Kota Medan

Civitas Ganjar Berikan Edukasi Politik Untuk Anak Muda di Kota Medan
Kegiatan diskusi publiik yang diadakan Civitas Ganjar di Kota Medan. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MEDAN - Sejumlah anak muda mengikuti diskusi publik dengan tema "Suara Pemuda, Suara Masa Depan: Gen Z dan Milenial Menuju 2024" di Kafka Cafe, Kota Medan pada Minggu 20/8).

Kegiatan tersebut digagas oleh kelompok sukarelawan Generasi Alumni Muda Universitas Riau (Unri) dan Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Ganjar Pranowo atau disebut Civitas Ganjar.

"Biasanya sukarelawan dan elemen-elemen politik ini punya rumah, punya posko. Kali ini, kami yang membawa posko ke tengah masyarakat," kata Koordinator Wilayah Civitas Ganjar, Berry Sitohang dalam siaran persnya.

Kegiatan diskusi berjalan lancar dan proaktif karena para peserta yang didominasi kaum muda banyak mengungkapkan kegelisahan, aspirasi dan pertanyaan-pertanyaan mengenai politik di Indonesia.

"Jadi, kami bisa menampung aspirasi sampai pertanyaan yang ingin ditanyakan masyarakat sekitar pemilihan presiden ke depan. Khususnya, untuk anak muda, gen-z dan milenial," ujar Berry.

Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan sosok pemimpin yang dibutuhkan bangsa dan negara, yakni Ganjar Pranowo melalui penayangan video berisi profil dan sepak terjangnya menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Berry mengakui hal itu sesuai tujuan para sukarelawan Civitas Ganjar mengadakan kegiatan kali ini, yakni untuk mengedukasi generasi muda tentang politik sekaligus menyadarkan mereka untuk terlibat aktif di dalamnya.

"Tujuan yang pertama, yang paling pokok, kita ingin sekalian juga memberikan edukasi politik, penyadaran politik atau penyadaran hak-hak sipil politik bagi masyarakat khususnya anak muda. Karena, anak muda ini salah satu (kalangan) pemilih di angka yang dominan. Tetapi, masih banyak, dominan yang bersikap apatis terhadap politik," katanya.

Sukarelawan Civitas Ganjar mengadakan diskusi publik dalam rangka memberikan edukasi politik kepada anak muda di Medan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News