Cobain Yuk! Terapi Ozon Bikin Masalah Bau Mulut Tuntas

Cobain Yuk! Terapi Ozon Bikin Masalah Bau Mulut Tuntas
Ilustrasi. Ist for jpnn.com

jpnn.com - SALAH satu masalah orang yang berpuasa adalah bau mulut. Padahal sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena tak lama lagi kita bakal bertemu banyak orang dan harus senantiasa tersenyum di momen indah lebaran. 

”Dalam dunia kedokteran, keluhan bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Masalah ini sangat menggangu karena berdampak tidak menyenangkan ketika harus melakukan interaksi sosial. Pada akhirnya bisa menurunkan rasa percaya diri,” ujar drg David Andreasmito dari Jet-Z Dental Aesthetic Clinic, Surabaya.

Penyebab bau mulut alias halitosis ada dua, kata drg David, adalah 80 persen karena permasalahan di rongga mulut dan 20 persen karena masalah pencernaan. 

Dari sifatnya, bau mulut ada yang bersifat fisiologis (wajar) dan patologis (penyakit).

Dia menjelaskan, bau mulut yang bersifat fisiologis tidak membutuhkan perawatan khusus. Contoh dari bau mulut fisiologis adalah morning breath, yaitu bau nafas saat bangun pagi. 

Bau nafas yang kurang sedap pada kondisi ini disebabkan tidak aktifnya otot-otot di rongga mulut dan berkurangnya aliran saliva (air ludah) ketika tidur. 

”Masalah ini simpel solusinya, yaitu bisa diatasi dengan hanya mengunyah, berkumur atau menyikat gigi,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Unair Surabaya ini.

Adapun bau mulut yang bersifat patologis alias penyakit harus diatasi secara khusus. Bau mulut yang bersifat patologis bisa disebabkan oleh beragam masalah. 

SALAH satu masalah orang yang berpuasa adalah bau mulut. Padahal sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena tak lama lagi kita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News