Corona Mewabah, Pendekar Senayan Minta Pemerintah Kaji Penundaan Cicilan Kredit Pedagang Kecil

Corona Mewabah, Pendekar Senayan Minta Pemerintah Kaji Penundaan Cicilan Kredit Pedagang Kecil
Anggota Komisi IX DPR M Nabil Haroen. Foto: arsip pribadi

jpnn.com - Anggota Komisi IX DPR M Nabil Haroen meminta pemerintah mengkaji kebijakan penundaan cicilan utang bank bagi pengusaha atau pedagang kecil. Alasannya, wabah virus corona atau COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga sisi ekonomi dan ketahanan pangan warga.

Nabil mengaku dalam beberapa hari terakhir mendapatkan banyak sekali laporan dari berbagai daerah perihal efek coronavirus terhadap perekonomian warga, khususnya pedagang kecil ataupun yang menggantungkan nafkah pada penghasilan harian. Menurut dia, banyak di antara mereka yang meminjam uang ke bank untuk membeli peralatan ataupun modal usaha sehari-hari.

Persoalannya adalah penghasilan mereka menurun tajam dalam beberapa hari atau pekan terakhir ini.  "Sementara, angsuran bulanan tetap berjalan, maka perlu dipertimbangkan untuk kebijakan peringanan angsuran, atau penundaan sesuai dengan kondisi masing-masing," kata Nabil, Jumat (20/3).

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, pemerintah telah bekerja keras menanggulangi wabah virus corona. Namun, katanya, itu saja belum cukup.

Nabil juga mengajak masyarakat memperkuat ketahanan pangan di lingkungan masing-masing. "Pemerintah melalui pengurus RT dapat mendata warganya yang sangat butuh bantuan makanan, jika terjadi isolasi ataupun lockdown," ujarnya.

Ketua umum Pagar Nusa itu menambahkan, hal lain yang perlu didata adalah warga yang bersedia menanggung makanan atau logistik tetangga yang kesulitan makanan dalam masa isolasi setidaknya 14 hari. "Ini bentuk ketahanan pangan di unit terkecil yang bisa dilakukan dengan semangat kebersamaan," ungkap pria yang karib disapa Gus Nabil itu.

Lebih lanjut Nabil menuturkan, pemerintah telah menyiapkan tes massal untuk identifikasi penyebaran virus, sekaligus langkah-langkah penanganannya. Untuk itu, Gus Nabil mengajak semua pihak bekerja sama, saling mendukung, menjaga kesehatan masing-masing, sekaligus mengurangi kumpul-kumpul dan aktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.

"Semoga pandemik Covid-19 ini segera berlalu, dan masyarakat Indonesia sehat serta kembali beraktifitas seperti sedia kala," kata legislator berjuluk Pendekar Senayan itu.(boy/jpnn) 

Anggota Komisi IX DPR M Nabil Haroen meminta pemerintah mengkaji kebijakan penundaan cicilan utang bank bagi pengusaha atau pedagang kecil yang terimbas virus corona.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News