COVID-19 Ternyata Punya Sisi Positif di Bidang Kesehatan, ini Dia

COVID-19 Ternyata Punya Sisi Positif di Bidang Kesehatan, ini Dia
Ilustrasi - Waspada Virus Corona (COVID-19). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - COVID-19 ternyata juga punya sisi positif positif di bidang kesehatan, meski diakui telah mengubah seluruh aspek kehidupan.

Sisi positifnya, COVID-19 membuat akselerasi adopsi teknologi di masyarakat kian tinggi.

Hal ini terjadi demi menghindari dan mengurangi penularan COVID-19.

Berbagai aktivitas fisik yang terbatas telah digantikan dengan aktivitas di ruang siber baik untuk bekerja, belajar, bersosialisasi hingga fasilitas kesehatan.

Di Indonesia sendiri fasilitas dan layanan kesehatan digital kian menjamur pada masa pandemi ini, mengingat banyak masyarakat yang takut tertulari COVID-19 apabila mereka melakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit.

Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil studi penelitian Medix Global yang dilakukan oleh Kantar yang menyebutkan COVID-19 mendorong masyarakat Indonesia menggunakan layanan kesehatan digital, termasuk aplikasi kesehatan dan telekonsultasi.

Hasil penelitian itu menyebutkan layanan kesehatan digital dan penggunaan aplikasi kesehatan untuk berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan medis di Indonesia, memperoleh momentum dari ketakutan masyarakat terhadap masalah kesehatan dan pembatasan sosial yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Sembilan dari sepuluh masyarakat Indonesia, atau 92 persen populasi Indonesia dari berbagai golongan mengatakan pandemi meyakinkan mereka tentang manfaat layanan kesehatan digital, dan mereka akan menggunakan aplikasi digital ketika ingin berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan medis.

COVID-19 ternyata juga punya sisi positif di bidang kesehatan, salah satunya terkait hal ini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News