Cuaca Ekstrem, Gowes 12 Jam di Medan Berat

Lombok Audax Diikuti Peserta dari Sembilan Negara

Cuaca Ekstrem, Gowes 12 Jam di Medan Berat
Peserta Lombok Audax 2013 menerobos derasnya hujan di kawasan Sambeliu, Lombok. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS

jpnn.com - LOMBOK BARAT - Para peserta Lombok Audax akhirnya merampungkan "derita" long distance cycling 300 kilometer tadi malam. Start pukul 04.00 Wita tepat, mereka survive ke titik finis di Hotel Holiday Resort, Senggigi, pada pukul 22.00.

Artinya, waktu total yang dibutuhkan mencapai 18 jam! Itu sudah termasuk waktu istirahat di tujuh pit stop

Mengutip data di Garmin milik Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Azrul Ananda yang menjadi salah seorang peserta, para cyclist mengayuh sepeda selama 12 jam 5 menit. Mereka menempuh jarak 297 kilometer. Tiga kilometer jalur "didiskon" karena hujan yang sangat lebat. 

Mulai start hingga finis, rata-rata kecepatan yang mereka tempuh adalah 24,5 km per jam. Catatan tersebut merupakan waktu yang dibukukan kelompok cepat alias fast group. Untuk normal group, kecepatannya bisa lebih lama lagi. Panitia bahkan memberikan toleransi mencapai finis hingga tengah malam.

Tantangan yang dihadapi peserta Lombok Audax kemarin (26/1) memang berlipat-lipat. Jika sebelumnya para peserta berharap "hanya" Pusuk Pass yang terberat, ternyata Pulau Lombok menyuguhkan tantangan yang lebih mengerikan. Mereka tak hanya harus survive dari tanjakan, tapi juga dari cuaca yang gampang berubah.

Bayangkan, baru saja gowes beberapa kilometer dari kawasan Senggigi hingga Ampenan, mereka sudah harus dihajar hujan lebat. Penderitaan makin terasa sengsara karena hujan terjadi pada pukul 04.30. 

Pihak penyelenggara terpaksa memangkas jalur menuju Pusuk sepanjang 3 kilometer demi keselamatan para peserta. Selain hujan, jarak pandang saat itu sangat pendek karena keadaan masih gelap. 

Meski demikian, rute mendaki ke Pusuk Pass untuk menuju stop pertama di puncak Pusuk tetap harus dilewati. Tanjakan bervariasi antara 10-12 persen. Kecepatan yang sebelumnya konstan di rata-rata 25-30 km per jam langsung drop hingga hanya 9 km per jam. Yang bikin tambah berat, tanjakan tersebut mendaki sejauh lebih dari 5 kilometer. 

LOMBOK BARAT - Para peserta Lombok Audax akhirnya merampungkan "derita" long distance cycling 300 kilometer tadi malam. Start pukul 04.00

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News