Cuaca Ekstrem Mengintai Dalam Sepekan ke Depan, Hati-Hati

Cuaca Ekstrem Mengintai Dalam Sepekan ke Depan, Hati-Hati
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat diminta agar waspada dalam sepekan ke depan akan potensi cuaca ekstrem yang dapat melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

"Saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Minggu.

Dia mengatakan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas.

Selama periode tersebut, diprediksi akan terjadi fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), serta aktifnya gelombang Rossby yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang selama sepekan ke depan dapat terjadi di sejumlah wilayah.

Adapun wilayah tersebut, seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung.

Lalu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Guswanto menyarankan agar pihak-pihak terkait melakukan persiapan, seperti memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Masyarakat diminta agar waspada dalam sepekan ke depan akan potensi cuaca ekstrem yang dapat melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News