Cuaca Hari Ini: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Cuaca Hari Ini: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
Cuaca hari ini: BMKG mengeluarakan peringatan dini potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarakan peringatan dini potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat (15/4).

BMKG memprakirakan cuaca hari ini berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta.

Kemudian, di Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.

Selanjutnya hujan lebat juga melanda di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan pemerintah untuk segera melakukan langkah mitigasi secara komprehensif dan terukur untuk menekan laju perubahan iklim.

Dwikorita mengatakan bila situasi saat ini terus dibiarkan maka kenaikan suhu di seluruh pulau utama di Indonesia dapat mencapai empat derajat selsius pada 2100, empat kali dibandingkan zaman praindustri.

BMKG  menyebut skibat kenaikan suhu ini pula, puncak Jaya Wijaya di Papua yang pada 2020 memiliki ketebalan es sebesar 31,49 meter, maka pada 2025 diperkirakan es tersebut akan hilang sepenuhnya.

"Mitigasi harus dilakukan segera, tidak bisa ditunda-tunda karena situasi kekinian sangat mengkhawatirkan. Contohnya, Siklon Seroja yang terjadi di NTT tahun lalu, semestinya siklon tersebut tidak terjadi di wilayah tersebut, tetapi akibat perubahan iklim siklon tersebut muncul," ujar Dwikorita. (antara/jpnn)

Cuaca hari ini: BMKG mengeluarakan peringatan dini potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News