Cucu Soekarno Serukan Solidaritas Internasional Atasi Pandemi Corona

Cucu Soekarno Serukan Solidaritas Internasional Atasi Pandemi Corona
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyerukan panggilan kemanusiaan dan kerja sama internasional, terutama bagi para anggota parlemen dunia dalam menangani pandemi virus Corona (Covid-19).

“Kami para wakil rakyat mendapatkan panggilan kemanusiaan untuk membantu rakyat kita dengan menghadirkan solusi yang nyata dalam menangani pandemi Covid-19 beserta dampak sosial ekonominya,” ungkap Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/4).

Berpidato dalam bahasa Inggris saat pembukaan diskusi panel “Internasional Cooperation To Defeat Covid-19” yang digelar secara virtual oleh Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Selasa (21/4), putri dari Megawati Soekarnoputri ini mengatakan bahwa saat ini lebih 200 negara di dunia tengah berjuang melawan Covid-19.

Puan menegaskan kembali pernyataannya ketika berbicara di depan Grup Kerja Sama Bilateral dengan Parlemen Negara Sahabat di Jakarta, Februari 2020 lalu bahwa Covid-19 bukanlah persoalan atau tanggung jawab satu atau dua negara saja. Melainkan persoalan yang perlu diselesaikan bersama-sama oleh semua masyarakat dunia.

“Dan hari ini kita melihat bahwa lebih dari 200 negara sedang berjuang melawan pandemi virus Covid-19. Semua negara menghadapi situasi sulit baik dari sisi keselamatan dan kesehatan manusia, dampak perekonomian, dampak sosial, dan juga kesejahteraan masyarakat,” papar Puan.

Dia menyatakan, panggilan kemanusiaan bangsa-bangsa dalam melawan Covid-19 bisa dimulai dengan mengaktifkan semangat kekeluargaan bangsa-bangsa, seperti yang diutarakan oleh Presiden Soekarno 75 tahun lalu.

“Dunia memang sedang menjalani physical distancing, tetapi jangan sampai terjadi nations distancing atau antarbangsa menjaga jarak. Justru yang dibutuhkan dunia saat ini adalah nations uniting atau bangsa-bangsa bersatu untuk melawan musuh bersama kita yaitu Covid-19,” kata cucu Bung Karno itu.

Diskusi panel yang diikuti seluruh parlemen dunia anggota Komite Kerjasama Antar-parlemen ini menghadirkan para pembicara kunci antara lain Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial PBB Untuk Asia Pasifik (UN ESCAP)  Prof. Dr. Armida Alisjahbana (UN ESCAP) dan Perwakilan WHO Indonesia Dr. Navaratnasamy Paranietharan.

Puan Maharani menyerukan panggilan kemanusiaan dan kerja sama internasional dalam menangani pandemi virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News