Cukup Olahraga 30 Menit untuk Tubuh Langsing

Cukup Olahraga 30 Menit untuk Tubuh Langsing
Cukup Olahraga 30 Menit untuk Tubuh Langsing

jpnn.com - Demi mendapatkan berat badan idaman, sebagian orang rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk olahraga atau nge-gym. Padahal sebuah studi mengatakan sebenarnya jika ingin langsing, mereka tak perlu ngoyo, karena yang dibutuhkan hanyalah olahraga setengah jam saja.

Menurut peneliti, orang-orang yang berolahraga selama 30 menit sehari sudah kehilangan sepertiga berat badan lebih banyak dibandingkan orang-orang yang berolahraga selama satu jam. Sesi olahraga yang lebih pendek membuat partisipan memiliki lebih banyak energi (sisa olahraga) namun motivasi untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehatnya juga lebih tinggi.

Sebaliknya olahraga intens malah menyebabkan orang-orang yang melakukannya menjadi kelelahan dan enggan hidup sehat.

"Temuan ini jelas membantu orang-orang yang biasanya harus ngoyo agar bisa berolahraga, terutama para pekerja kantoran yang banyak duduk. Partisipan yang berolahraga paling sedikit justru mengalami peningkatan kadar energi dan motivasi yang lebih tinggi untuk berolahraga dan hidup sehat setiap hari," kata peneliti Dr Astrid Jespersen dari University of Copenhagen, Denmark, seperti dilansir laman Telegraph.

"Mereka jadi lebih semangat naik tangga, ajak anjing peliharaan jalan-jalan atau bersepeda ke kantor. Sebaliknya pria yang berolahraga selama satu jam setiap harinya, setelah latihan malah kelelahan, kurang termotivasi dan cenderung malas membuat perubahan gaya hidup," kata Dr Jespersen lebih lanjut..

Studi yang dipublikasikan dalam Scandinavian Journal of Public Health ini didasarkan pada pengamatan terhadap 60 pria asal Denmark yang mengalami kelebihan berat badan sedang meski dikatakan sehat selama 13 minggu.

Sebagian dari partisipan diminta berolahraga keras selama 30 menit sehari, di antaranya jogging, bersepeda atau cross training (metode olahraga dengan mengkombinasi beberapa jenis latihan sekaligus), sedangkan separuh lainnya berolahraga selama satu jam tiap harinya.

Hasilnya, rata-rata partisipan yang hanya olahraga setengah jam sehari kehilangan berat badan sekitar 3,6 kilogram dalam kurun tiga bulan sedangkan yang durasi olahraganya lebih lama hanya kehilangan sekitar 2,7 kilogram.

Demi mendapatkan berat badan idaman, sebagian orang rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk olahraga atau nge-gym. Padahal sebuah studi mengatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News