Jumat, 15 Desember 2017 – 03:59 WIB

Daftar Kewarganegaraan Anggota Senat Australia Diungkap Ke Publik

Senin, 04 Desember 2017 – 16:00 WIB
Daftar Kewarganegaraan Anggota Senat Australia Diungkap Ke Publik - JPNN.COM

Daftar kewarganegaraan bagi para senator Australia menunjukkan, senator dari Partai Buruh untuk Wilayah Ibukota Australia (ACT), yakni Katy Gallagher, masih menjadi warga negara ganda Inggris saat ia dicalonkan untuk Pemilu Federal terakhir.

Terlepas dari status kewarganegaraan ganda-nya, Senator Gallagher menolak untuk mengajukan dirinya ke Pengadilan Tinggi untuk memutuskan apakah ia memenuhi syarat atau tidak.

Ia mengatakan dirinya telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melepaskan kewarganegaraan Inggris yang ia dapatkan melalui ayahnya sebelum pencalonan ditutup.

Tapi ia tidak menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri Inggris yang mengonfirmasi pelepasan kewarganegaraannya hingga 16 Agustus tahun lalu, yakni dua bulan setelah pencalonan ditutup.

Perdana Menteri Australia telah mengatakan bahwa politisi Partai Buruh seperti Senator Gallagher yang tak melepaskan kewarganegaraan lain sebelum Pemilu harus diajukan ke Pengadilan Tinggi untuk memutuskan kelayakan mereka sebagai anggota Parlemen.

Senator Gallagher mengatakan bahwa ia telah mengambil semua langkah penting untuk melepaskan kewarganegaraan Inggris, termasuk membayar biaya pemrosesan.

Ia berujar bahwa dirinya telah menerima nasehat hukum, termasuk dari seorang ahli hukum kewarganegaraan Inggris, yang mengatakan bahwa ia telah mengambil semua langkah yang diperlukan.

Senator Gallagher mengatakan di Facebook bahwa ia tak yakin bahwa ia harus merujuk dirinya ke Pengadilan Tinggi, namun mengakui bahwa pada akhirnya akan terserah Senat untuk menentukan nasibnya.

Ibunya lahir di Ekuador pada tahun 1943 dari orang tua berkebangsaan Inggris, namun Senator Gallagher mengatakan bahwa ia bukan dan tidak pernah menjadi warga negara Ekuador.

Dokumen Doug Cameron menunjukkan ia bisa saja berkewarganegaraan Lituania.
Dokumen Doug Cameron menunjukkan ia bisa saja berkewarganegaraan Lituania.

AAP: Mick Tsikas

Senator diduga warga negara Lithuania

Daftar kewarganegaraan yang dirilis pada hari Senin (4/12/2017) mengungkap bahwa senator Partai Buruh, Doug Cameron, berpotensi memenuhi syarat untuk menjadi warga negara Lithuania.

Senator Cameron lahir di Skotlandia dan meninggalkan kewarganegaraan Inggrisnya sebelum mencalonkan diri ke Parlemen Australia.

Formulir yang ia serahkan menunjukkan kakek dari pihak ibunya meninggalkan Lithuania ke Skotlandia sebelum ibunya lahir pada tahun 1915.

Tahun lalu, Lithuania mengubah undang-undangnya untuk memungkinkan kewarganegaraan ganda bagi keturunan warga Lithuania yang meninggalkan negara tersebut sebelum tahun 1940.

Tapi Senator Cameron mengatakan, untuk mendapatkan kewarganegaraan Lithuania, ia harus mengajukan diri dan ia memastikan bahwa ia tidak melakukannya.

Orang tua asal Yunani

Senator Partai Liberal, Arthur Sinodinos, dan Peter Georgiou dari Partai One Nation sama-sama memiliki orang tua yang lahir di Yunani, yang mungkin memberi mereka kewarganegaraan Yunani lewat garis keturunan.

Ia mengunggah sebuah surat dari Kedutaan Yunani yang mendukung pernyataan itu, di Twitter.

Senator Georgiou memberikan sebuah dokumen dari Kedutaan Besar Yunani yang menunjukkan bahwa ia tidak bisa dianggap sebagai warga negara Yunani.

Dokumen senator Demokrat Liberal, David Leyonhjelm, menunjukkan bahwa semua orang tua dan kakek neneknya lahir di Australia.

Tapi di bagian yang meminta informasi relevan lainnya, ia menulis "Saya pernah bertanya kepada ibu saya apakah ayah saya benar-benar ayah kandung saya, tapi ia tersinggung jadi saya tidak bertanya lagi".

"Saya menduga jangan-jangan saya dilahirkan tanpa ayah."

Anggota DPR Australia punya waktu hingga hari Selasa (05/12/2017) untuk mempresentasikan dokumen kewarganegaraan mereka.

Tiap kewarganegaraan diumumkan

Berikut adalah daftar Senator Australia yang telah melepaskan kewarganegaraan asing mereka. 

Senator Negara Tindakan yang diambil
Abetz, Eric Jerman Senator Abetz mengklaim bahwa ia secara terbuka melepaskan kewarganegaraan asingnya pada tahun 1974, kemudian menulis kepada pihak Jerman dan Jerman Barat pada tahun 1992 untuk mengonfirmasi pelepasan tersebut. Ia memperoleh sertifikat pelepasan kewarganegaraan dari Jerman pada tahun 2010.
Bernardi, Cory Irlandia Istri dari Senator Bernardi adalah orang Irlandia, jadi ia berhak menjadi warga negara Irlandia saat mereka menikah. Ia mengajukan pelepasan kewarganegaraan Irlandia pada tanggal 21 Maret 2006.
Cameron, Doug Inggris Senator Cameron, yang lahir di Skotlandia, mengirim sebuah formulir pelepasan kewarganegaraan ke Kementerian Dalam Negeri Inggris pada tanggal 19 Januari 2007. Ia menerima konfirmasi pelepasan kewarganegaraan pada tanggal 27 Maret 2007.
Cormann, Mathias Belgia Senator Cormann lahir di Belgia. Ketika ia mengambil kewarganegaraan Australia pada tahun 2000, ia kehilangan kewarganegaraan Belgia-nya. Ia telah memberikan email dari Kedutaan Besar Belgia pada tahun 2007 sebagai bukti.
Dastyari, Sam Iran Lahir di Iran, Senator Dastyari mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraan Iran-nya pada 19 Juli 2013. Ia telah memberikan sebuah pernyataan resmi tertanggal 12 Agustus 2013 yang merinci langkah-langkah yang ia ambil untuk melepas kewarganegaraannya. Ia juga memberi bukti visa turis Iran bertanggal 11 Juli 2016.
Di Natale, Richard Italia Orang tua Senator Di Natale lahir di Italia. Ia meninggalkan kewarganegaraannya pada tahun 2004 dan telah memberikan surat dari konsulat Italia sebagai bukti.
Fierravanti-Wells, Concetta Italia Orang tua Senator Fierravanti-Wells lahir di Italia, yang memberinya kewarganegaraan Italia lewat garis darah. Ia meninggalkan kewarganegaraannya di Italia pada tahun 1994 dan telah menyediakan sebuah dokumen dari Konsulat Jendral Italia tertanggal 21 Juli 1994 yang menegaskan pelepasan kewarganegaraannya.
Gallacher, Alex Inggris Lahir di Skotlandia, Senator Gallacher meninggalkan kewarganegaraan Inggrisnya pada tahun 2010. Ia mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraannya pada 19 - 10 hari sebelum penutupan nominasi untuk Pemilu 2010.
Gichuhi, Lucy Inggris Pengadilan Tinggi telah menemukan bahwa Senator Gichuhi memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu Senat. Lahir di Kenya sesaat sebelum negara tersebut merdeka dari Inggris, ia berhenti menjadi warga Inggris pada tahun 1963 oleh undang-undang Konstitusi Kenya.
Gichuhi, Lucy Kenya Senator Gichuhi menjadi warga negara Kenya saat negara tersebut merdeka dari Inggris pada tahun 1963. Dalam argumen yang diungkap oleh Pengadilan Tinggi, ia berhenti menjadi warga Kenya pada tahun 2001 saat ia mengambil kewarganegaraan Australia.
Hinch, Derryn Selandia Baru Senator Hinch lahir di Selandia Baru. Ia meninggalkan kewarganegaraan Selandia Baru pada tanggal 22 Desember 2015. Pelepasan kewarganegaraan mulai berlaku pada tanggal 7 Maret 2016, tiga bulan sebelum pendaftaran kandidat Pemilu Australia 2016 ditutup.
Lines, Sue Inggris Senator Lines berhak atas kewarganegaraan Inggris lewat garis keturunan melalui ayahnya yang berasal dari Inggris. Ia mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraan Inggris pada tanggal 17 Maret 2013. Surat tersebut diterima oleh Kementerian Dalam Negeri Inggris pada tanggal 27 Maret 2013.
McKim, Nick Inggris Senator McKim, yang lahir di Inggris, mengirim formulir ke Kementerian Dalam Negeri Inggris pada tanggal 31 Juli 2015. Pihak Inggris menerimanya pada tanggal 4 September 2015 dan mendaftarkan pelepasan kewarganegaraan tersebut pada tanggal 1 Februari 2016. Ia menerima konfirmasi pelepasan kewarganegaraannya pada tanggal 31 Juli, 2017.
O'Neill, Deborah Irlandia Orang tua Senator O'Neill lahir di Irlandia, jadi ia berhak mendapatkan kewarganegaraan Irlandia lewat garis keturunan. Ia mengajukan Deklarasi pelepasan kewarganegaraan Irlandia kepada Pemerintah Irlandia pada tanggal 17 Juli 2010 sebelum mengikuti Pemilu Australia 2010.
Patrick, Rex Selandia Baru Lahir di Selandia Baru, Senator Patrick mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraan negara itu pada bulan Oktober 2017. Pelepasannya telah didaftarkan oleh departemen Urusan Dalam Negeri Selandia Baru pada tanggal 16 Oktober 2017.
Pratt, Louise Inggris Ayah Senator Pratt lahir di Inggris, memberinya kewarganegaraan Inggris lewat keturunan. Ia mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraan Inggris-nya pada tanggal 17 September 2007. Pelepasan mulai berlaku pada tanggal 23 November 2007, tiga minggu setelah nominasi untuk Pemilu Australia tahun 2007 ditutup, dan sehari sebelum hari pemungutan suara.
Scullion, Nigel Inggris Senator Scullion lahir di Inggris. Ia meninggalkan kewarganegaraan Inggri-snya pada tahun 2001. Ia berhenti menjadi warga negara Inggris pada tanggal 15 Oktober, tiga hari sebelum penutupan pendaftaran nominasi untuk Pemilu Australia 2001.
Siewert, Rachel Inggris Orang tua Senator Siewert lahir di Inggris, jadi ia memperoleh kewarganegaraan lewat garis keturunan. Ia mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraan Inggris-nya pada 11 Juli 2001, tiga tahun sebelum terpilih menjadi anggota Senat. Hal ini dikonfirmasi pada tanggal 1 Agustus 2001.
Singh, Lisa Fiji Ayah Senator Singh secara otomatis menjadi warga negara Fiji setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan. Fiji tak mengizinkan kewarganegaraan ganda, jadi Senator Singh dan ayahnya melepaskan kewarganegaraan Fiji pada tahun 1994.
Singh, Lisa UK Ayah Senator Singh lahir di Fiji saat masih dianggap sebagai koloni Inggris, jadi pada saat kelahirannya, ia adalah warga negara Inggris. Senator Singh telah menulis surat kepada Kementerian Dalam Negeri Inggris untuk melepaskan kewarganegaraannya, namun ia adalah warga negara ganda pada saat pencalonan untuk Pemilu 29 Juli 2010. Ia berhenti menjadi warga negara Inggris pada tanggal 18 Agustus 2010.
Smith, Dean Inggris Ayah Senator Smith lahir di Inggris. Senator tersebut meninggalkan kewarganegaraan Inggris-nya pada tahun 2012 dan telah mengungkap formulir yang ia kirimkan, dicap seperti yang diterima oleh Kementerian Dalam Negeri Inggris pada tanggal 30 Juli 2012.
Steele-John, Jordon Inggris Senator Steele-John lahir di Inggris. Ia mengajukan permohonan untuk melepaskan kewarganegaraan Inggrisnya dan itu diberikan pada 19 Juli 2013. Ia adalah warga Australia pada saat pencalonan.
Wong, Penny Malaysia Senator Wong lahir di Malaysia. Ia meninggalkan kewarganegaraannya di Malaysia pada tahun 2001, yang didaftarkan oleh Pemerintah Malaysia pada tanggal 28 Juli. Ia adalah warga negara Australia pada saat pencalonan.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

 
SHARES
Komentar