Daftar Wasit dan Asisten Wasit yang Dikandangkan PSSI Karena Bikin Kesalahan

Daftar Wasit dan Asisten Wasit yang Dikandangkan PSSI Karena Bikin Kesalahan
PSSI gerah juga melihat kualitas wasit yang dinilai kurang mumpuni memimpin pertandingan baik di Liga 1 maupun Liga 2. Ilustrasi Foto: ANTARA/AFP/Filippo Monteforte

jpnn.com, JAKARTA - PSSI gerah juga melihat kualitas wasit yang dinilai kurang mumpuni memimpin pertandingan baik di Liga 1 maupun Liga 2.

Karena itu, otoritas sepak bola Indonesia memilih mengandangkan enam perangkat pertandingan di Liga 1 dan Liga 2

Dari data yang diumumkan di situs resmi PSSI, total ada empat wasit dan dua asiten wasit yang tak boleh memimpin laga di kompetisi selama beberapa minggu.

Meski sudah tidak mumpuni, PSSI memberikan bahasa yang halus untuk para pengadil pertandingan itu, yakni menjalani pembinaan dari federasi.

Liga 2 menyumbang nama terbanyak yang diistirahatkan PSSI, yakni lima perangkat pertandingan. Sementara, Liga 1 hanya terdapat satu asisten wasit yang akan dibina mulai Jumat (8/12/2023) ini. Siapa saja?

Pertama ialah Asisten wasit Mahmud Ansyori yang bertugas dalam laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta pada 27 November lalu. Dia dikandangkan dan tak boleh memimpin laga karena dibina oleh PSSI selama delapan pekan ke depan.

Mahmud dinilai membuat kesalahan keputusan yang fatal. Dia menganulir gol penyerang Bhayangkara FC Osvaldo Haay yang seharusnya sah. Sebab, dalam persepsi Mahmud Osvaldo dalam posisi offisde, tetapi dalam tayangan ulang jelas terlihat pemain Bhayangkara FC itu dalam posisi onside.

Kedua, Axel Febrian Sinaga, ketiga Cahya Sugandi, keempat Ridwan Pahala, dan kelima ialah Zetman Pangaribuan.

PSSI memberikan sanksi wasit dan asisten wasit yang tak cakap memimpin laga di Liga 1 dan Liga 2, mereka dikandangkan beberapa pekan, siapa saja?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News