Dahlan Iskan Perintahkan Seluruh BUMN Jadi Peserta BPJS

Dahlan Iskan Perintahkan Seluruh BUMN Jadi Peserta BPJS
Dahlan Iskan Perintahkan Seluruh BUMN Jadi Peserta BPJS

jpnn.com - TANGERANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menginstruksikan seluruh perusahaan pelat merah menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kesehatan pada 2014 nanti. Menurutnya, hal itu penting demi kepentingan para pegawai BUMN.

"Kita sudah teken, nanti semua perusahaan BUMN menjadi peserta BPJS," ujar Dahlan di Pondok Pesantren Jagat Arsy, Tangerang, Minggu (15/12).

Menurut mantan Dirut PLN itu, saat ini memang masih banyak perusahaan BUMN yang belum mendaftarkan pegawainya menjadi peserta Jamsostek ataupun Askes. "Ya mungkin sudah punya jaminan kesehatan yang lain, yang menurut mereka bagus," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Dahlan juga menyinggung perlunya anggaran BPJS ditambah dari Rp 15 triliun menjadi Rp 30 triliun. Alasannya, karena peningkatan anggaran itu membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan akses kesehatan yang murah.

"Ke depan dana itu harus bisa mencapai Rp 30 triliun, supaya penyembuhan orang yang miskin lebih tuntas," ucapnya.

Selain itu, penambahan anggaran itu juga bertujuan untuk memberikan semangat kepada pada dokter. Sebab, saat ini rata-rata penghasilan dokter umum sebesar Rp 6 juta per bulan. Dengan naiknya anggaran BPJS menjadi Rp 30 triliun, Dahlan berharap penghasilan dokter bisa naik menjadi Rp 12 juta per bulan.

"Saat ini dokter mengurus seribu kepala keluarga. Nantinya Rp 12 juta itu biar semangat tidak hanya menyembuhkan orang yang sakit, tapi juga menjaga agar tidak sakit," ungkap pria yang pernah melakukan cuci otak ini.

Seperti diketahui, PT Askes dan PT Jamsostek pada awal Januari 2014 nanti akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Saat ini, kedua BUMN itu  tengah giat-giatnya mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai BPJS.(chi/jpnn)


TANGERANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menginstruksikan seluruh perusahaan pelat merah menjadi peserta Badan Penyelenggara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News