Dahlan Iskan Tak Keberatan BUMN Tunda Pengadaan Barang Impor

Dahlan Iskan Tak Keberatan BUMN Tunda Pengadaan Barang Impor
Dahlan Iskan Tak Keberatan BUMN Tunda Pengadaan Barang Impor

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku setuju dengan usulan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi agar perusahaan pelat merah menunda impor pesawat dan lokomotif. Namun, Dahlan menegaskan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan bagi BUMN yang terlanjur meneken kontrak pengadaan seperti halnya PT Garuda Indonesia (Persero) dan PT KAI (Persero).

"Kalau sudah diteken kontrak tidak mungkin (dibatalkan,red), bisa rugi nggak karuan. Tapi kalau belum teken kontrak baru rencana, saya setuju kalau rencana impor itu ditunda,” kata Dahlan di Jakarta, Minggu (8/9).

Sebelumnya Kementerian Perdagangan berencana meminta BUMN untuk menunda impor barang modal dengan nilai besar guna mengurangi beban defisit neraca perdagangan. Barang-barang itu antara lain pesawat dan lokomotif kereta api.

Salah satu perusahaan BUMN yang gencar mengimpor pesawat ialah Garuda Indonesia. Tahun ini saja, Garuda akan menerima 24 pesawat baru. Selain mendatangkan empat armada Boeing 777-300ER, Garuda Indonesia juga akan menerima tiga Airbus A330, 10 Boeing 737-800NG, dan tujuh Bombardier CRJ1000 NextGen.

Sementara, anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di segmen low cost carrier, Citilink, tahun ini akan menerima 11 armada A320-200. Sedangkan untuk PT KAI, tahun ini akan memesan 100 unit lokomotif asal Amerika Serikat dan Jerman yang datang secara berkala hingga tahun 2014 mendatang. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku setuju dengan usulan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi agar perusahaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News