Dahlan Puji Kerja Konsorsium BUMN Bangun Tol Bali

Dahlan Puji Kerja Konsorsium BUMN Bangun Tol Bali
Dahlan Puji Kerja Konsorsium BUMN Bangun Tol Bali

jpnn.com - DENPASAR - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyempatkan diri meninjau jalan tol di atas laut Bali. Sebelum nantinya diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) September mendatang.

"Jalan tol ini yang menarik perhatian masyarakat adalah karena ini tol pertama di atas laut dan tol tercepat pembangunannya dalam sejarah pembangunan tol di Indonesia, yakni 12 km selesai dalam 12 bulan," tutur Dahlan saat meninjau tol Bali didampingi oleh tim Jasa Marga, Minggu (25/8).

Kemudian Dahlan menjelaskan mengapa pembangunan tol di atas laut Bali ini bisa berlangsung cepat dan hanya memakan waktu satu tahun. "Kenapa cepat selesai tol ini? karena seluruhnya dikerjakan oleh konsorsium BUMN. Jadi kontraktornya BUMN, pemiliknya BUMN, operatornya dan pendanaannya dari BUMN. Jadi kalau setiap persoalan muncul itu segera dapat diputuskan dengan cepat karena sesama BUMN. Prosesnya juga gak ribet," papar bekas Dirut PLN ini.

Di samping itu Dahlan yakin pembangunan tol di atas laut ini bisa menunjang pariwisata Bali. Terutama untuk melerai kemacetan yang selama ini terjadi di Bali. "Kita tahu Bali saat ini tingkat kemacetannya luar biasa, apalagi jalur utama Ngurah Rai ke Nusa Dua. Belum lagi kalau libur panjang. Lalu dari Nusa Dua ke Sanur juga luar biasa pula kemacetannya," terangnya.

Sehingga dengan dibangunnya jalan tol ini, maka mereka yang dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju Nusa Dua bisa menggunakan tol ini dan menghemat waktu tempuh. Selain bisa digunakan pengendara mobil, tol ini juga bisa digunakan oleh motor dengan melewati jalur khusus motor yang sudah disediakan.

Setelah meninjau tol di atas laut, Dahlan juga meninjau kesiapan landasan tempat parkir pesawat untuk para delegasi APEC serta kesiapan Bandara Ngurah Rai. (chi/jpnn)


DENPASAR - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyempatkan diri meninjau jalan tol di atas laut Bali. Sebelum nantinya diresmikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News