Dampak Berbagai Macam Alas Kaki Bagi Kesehatan Anda

Dampak Berbagai Macam Alas Kaki Bagi Kesehatan Anda
Dampak Berbagai Macam Alas Kaki Bagi Kesehatan Anda

jpnn.com - ALAS kaki terutama sepatu memegang peranan penting bagi semua orang untuk menjalani aktivitasnya. Tidak hanya menghindari salah kostum, penggunaan alas kaki juga harus disesuaikan dengan kondisi kaki sebab masing-masing memiliki dampak bagi kesehatan.

Menurut Jacqueline Sutera, doktor di bidang podiatric medicine and surgery serta Neal Blitz, kepala Foot Surgery and Associate Chairman of Orthopedics di Bronx-Lebanon Hospital, ini dia dampak kesehatan yang ditimbulkan masing-masing alas kaki:

1. Sepatu lari

"Menggunakan sepatu yang memiliki terlalu banyak bantalan bukan hal terbaik bagi kaki. Menggunakan sepatu seperti itu, bisa membuat kaki tidak merasa menyentuh tanah hingga otak tak mengirim umpan balik pada kaki untuk merespons gerakan menjejak ke tanah," kata Jacqueline, seperti dilansir laman Times of India, Minggu (6/4).

Memang sepatu ini idealnya digunakan untuk berlari, jalan, atau joging. Bukan untuk bersepeda, menari, dan mendaki gunung karena bisa menyebabkan cedera kronis pada kaki terutama tumit.

2. Sandal jepit

Kebanyakan sandal jepit terlalu pipih, datar, dan terbuka. Hal ini membuat kaki berhadapan langsung dengan lingkungan dan tidak memberikan bantalan pada arch. Jepitan sandal juga bisa memaksa otot kaki untuk tetap mencengkeram sandal. Mengenakan alas kaki ini bisa membuat peradangan, nyeri tumit, dan patah tulang.

3. Stiletto

ALAS kaki terutama sepatu memegang peranan penting bagi semua orang untuk menjalani aktivitasnya. Tidak hanya menghindari salah kostum, penggunaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News