Dana Cekak, Sejumlah Proyek Infrastruktur Sulit Terealisasi

Dana Cekak, Sejumlah Proyek Infrastruktur Sulit Terealisasi
Pembangunan jalan. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah proyek infrastruktur yang dicanangkan pemerintah sangat sulit untuk diwujudkankan. Penyebabnya, dana yang dimiliki sangat minim.

Saking peliknya permasalahan tersebut, penyelesaian proyek infrastruktur ada yang hanya 18 persen.

”Di renstra akan bangun 65 waduk. Namun, baru 23 waduk yang dibangun sekarang,” kata Sekjen Kemen PU-PR Anita Firmanti Eko Susetyowati kemarin (9/6). ”Kalau kita mau semua dibangun, inikan uangnya harus ada. Nah itu gap-nya,” lanjutnya.

Bukan hanya bendungan, target pembangunan 2.650 kilometer jalan baru juga sulit terealisasi. Kini, masih dibangun 864 kilometer. Padahal, target itu harus selesai 2019.

Jadi masih 1.786 kilometer lagi. ”Di bidang cipta karya juga begitu. Kita punya kawasan yang kumuh 38.341 hektare. Pembangunan kawasan kumuh baru capai 18 persen,” papar Anita.

Kendala itu akan cepat teratasi, lanjut Anita, salah satunya jika ada direktorat jenderal khusus yang tugasnya menyelesaikan pembiayaan proyek infrastruktur. Lembaga itu akan mencari skema-skema pembiayaan.

Anita mencontohkan, pembangunan kawasan kumuh bisa dilakukan dengan sistem superblok namun tetap memberikan ruang bagi masyarakat untuk berjualan. ”Pola-pola pembiayaan seperti itulah yang akan dikembangkan,” serunya.

Pembentukan dirjen baru itu akan diselesaikan tahun ini. Kementerian di bawah Basuki Hadimoeljono itu masih harus berkomunikasi dengan kementerian pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Sejumlah proyek infrastruktur yang dicanangkan pemerintah sangat sulit untuk diwujudkankan. Penyebabnya, dana yang dimiliki sangat minim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News