Dana Masih Urunan, Berani Impikan Kapal Perpustakaan

Dana Masih Urunan, Berani Impikan Kapal Perpustakaan
FAKTOR PENDIDIKAN: Meski penghasilan nelayan suku Bajo Sampela lumayan banyak, mereka tetap miskin. Mereka tidak bisa mengelola penghasilan dengan baik. Foto: Jawa Pos/JPNN

MASIH banyak anak yang tinggal di pulau-pulau pelosok Indonesia yang belum merasakan fasilitas pendidikan layak seperti teman-temannya di kota besar Pulau Jawa. Kenyataan itu memanggil beberapa pemuda untuk beraksi dengan membentuk komunitas Sahabat Pulau.

 

DODY BAYU PRASETYO, Jakarta

 

SEBAGAI negara kepulauan, Indonesia dikaruniai jumlah pulau di wilayahnya yang mencapai puluhan ribu. Karena itu, meskipun pemerintah mengucurkan dana APBN terbesar ke sektor pendidikan, masih ada saja penduduk di ratusan pulau yang belum memiliki sarana dan tenaga pengajar memadai.

 

Salah satunya Pulau Pahawang, Lampung, yang sebetulnya hanya terpisah Selat Sunda dari pusat pemerintahan di Jakarta. Menurut Hendriyadi, 24, minimnya sarana dan pengajar membuat pengetahuan siswa SD di Pulau Pahawang sangat kurang. "Saat saya tanya siapa presiden Republik Indonesia sekarang, mereka masih menjawab Soeharto," kenang Hendriyadi yang mengunjungi pulau tersebut tahun lalu.

 

MASIH banyak anak yang tinggal di pulau-pulau pelosok Indonesia yang belum merasakan fasilitas pendidikan layak seperti teman-temannya di kota besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News