Dana Raskin Rp400 Juta Belum Disalurkan

Dana Raskin Rp400 Juta Belum Disalurkan
Dana Raskin Rp400 Juta Belum Disalurkan

jpnn.com - SLAWI - Beras miskin (raskin) yang dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Tegal di bulan Desember 2013 ini, masih banyak yang terpending di tiap desa. Jumlah totalnya mencapai Rp 400 juta. "Jumlah itu per hari Jumat 20 Desember kemarin," kata Kasubag Perekonomian Setda Kabupaten Tegal, Caryo Apandi, kemarin.

Dia menduga, uang itu sudah terkumpul di desa tapi belum disetorkan ke petugas raskin. Untuk itu, dia berharap, pemerintah desa segera menyetorkan uang tersebut supaya raskin di bulan berikutnya dapat didroping kembali. "Penyetoran uang raskin, jangan sampai melebihi bulan Desember," tegasnya.

Jika melebihi dari bulan itu, lanjut Caryo, maka pihaknya akan menerjunkan tim gabungan dari Polres, Kecamatan, dan Bulog untuk mendatangi desa yang terlambat bayar. Dia menjelaskan, jika mengacu pada aturan, pelunasan raskin diberi waktu hanya sehari setelah raskin digelontorkan. "Idealnya begitu, tapi masih banyak desa yang bayarnya sampai sebulan," ungkapnya.

Dia mencontohkan, desa yang sering terlambat bayar adalah Desa Harjosari Kidul Kecamatan Adiwerna dan Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna. "Dulu Desa Kemantran Kecamatan Kramat juga sering terlambat, tapi sekarang sudah lancar pembayarannya," kata Caryo.

Dia menguraikan, jumlah raskin untuk wilayah Kabupaten Tegal sebanyak 1.336.020 kilogram. Jumlah itu dibagikan untuk 90.668 rumah tangga sasaran (RTS). Setiap RTS mendapat 15 kilogram dengan harga Rp 1500 per kilogramnya. Rencananya, tahun 2014 mendatang, jumlahnya tetap sama dan harganya juga sama. "Sepertinya tidak ada perubahan," tandasnya. (yer)


SLAWI - Beras miskin (raskin) yang dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Tegal di bulan Desember 2013 ini, masih banyak yang terpending di tiap desa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News