Dana Sertifikasi Mengendap Sebulan di Kas Daerah

Dana Sertifikasi Mengendap Sebulan di Kas Daerah
Dana Sertifikasi Mengendap Sebulan di Kas Daerah

jpnn.com - MAKASSAR - Proses pencairan tunjangan profesi atau dana sertifikasi guru tunggakan 2012, membutuhkan waktu kurang lebih sebulan sejak anggarannya masuk ke kas daerah (kasda).    Dana sebesar Rp 35 miliar yang disebut carry over atau kekurangan pada 2012, telah masuk ke kasda sejak Agustus. Prosesnya lama karena mesti melalui tahapan verifikasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), unit pelaksana teknis dinas (UPTD), sekolah, lalu ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA).

"Dananya sudah masuk sebulan lalu, tetapi dikoreksi oleh BPKA. Kemudian dikembalikan lagi untuk dilihat kesesuaiannya dengan gaji pokok guru," ujar Kepala Disdikbud Makassar, Mahmud BM, Jumat (5/9).

Dia juga membantah bahwa guru diminta menandatangani rekening kosong. Yang ada, mereka diminta bertanda tangan untuk mengaktifkan rekening baru mereka yang masih kosong. Rekening kosong inilah yang akan diisi dana sertifikasi, sehingga harus ada specimen tandatangan pemilik.

Rekening untuk sisa tunjangan ini memang dibuat secara khusus. Kemudahan diberikan kepada guru, sehingga tidak perlu ada setoran awal. Sebanyak 5.400 guru akan ditransfer ke rekening baru mereka sesuai dengan jumlah gaji pokok mereka.

Sementara itu, Kepala BPKA Kota Makassar, Erwin Syafruddin Haiya, mengatakan, pencairan dana sertifikasi guru sebesar Rp35 miliar, sementara jalan proses pemeriksaannya. Yang menghambat pencairan karena SK bayar dan daftar guru bersertifikat harus diperiksa satu per satu.

"SK bayar dan daftar yang dibuat oleh dinas dicocokkan satu per satu. Daftar itu lalu dibawa ke sekolah, apakah sudah cocok. Jika sudah sesuai, dikembalikan lalu ke Disdikbud lalu ke Keuangan," katanya.

Ia mengatakan, untuk memotong birokrasi pencairan tunjangan sertifikasi ini, maka pusat yang harus mengambil alih pencairannya. Jadi pusat yang langsung mentransfer ke rekening guru bersangkutan, tidak lagi melalui pemerintah daerah. Untuk sisa 2012, ia berjanji segera menuntaskannya.

"Bersabarlah sedikit karena itu juga kami prioritaskan. Target saya minggu depan sudah selesai," katanya.

MAKASSAR - Proses pencairan tunjangan profesi atau dana sertifikasi guru tunggakan 2012, membutuhkan waktu kurang lebih sebulan sejak anggarannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News