Dandim Sampaikan Kabar Situasi di PT GNI Pascabentrok TKA China vs Karyawan WNI

Dandim Sampaikan Kabar Situasi di PT GNI Pascabentrok TKA China vs Karyawan WNI
Pemkab Morowali Utara menggelar pertemuan dengan para pihak mengenai situasi pascabentrok di PT GNI. Pertemuan ini dipimpin Sekretaris Daerah Morowali Utara di Kolonodale, Senin (16/1/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkab Morowali Utara

jpnn.com, MOROWALI UTARA - Dandim Morowali dan Morowali Utara Letkol Infanteri Constantinus Rusmanto menyampaikan situasi keamanan di PT Gunbuster Nickle Industry (GNI) pascabentrok TKA China dengan pekerja lokal.

Menurut Letkol Constantinus, situasi keamanan di area usaha maupun sekitar industri pengelolaan nikel di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah sudah kondusif pascabentrok pada Sabtu (14/1).

"Suasana sudah kondusif. Mari kita sebarkan ini kepada masyarakat supaya jangan ada lagi yang takut dan berencana meninggalkan tempat bekerja sehingga PT GNI segera bisa beroperasi kembali," kata Constantinus saat pertemuan bersama pemda dan tokoh masyarakat yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Musda Guntur di Kolonodale, Senin.

Dandim juga menepis kabar dan isu-isu beredar yang menyebut situasi mencekam di GNI, padahal saat ini situasinya telah kondusif.

Oleh karena itu, perlu informasi positif untuk disebarkan kepada publik sebab usai kejadian sangat memengaruhi investasi besar di Morowali.

Mengenai upaya pemulihan, kata Dandim, hal yang paling penting adalah bantuan dari camat dan kepala desa untuk mengimbau warga dan tokoh-tokoh masyarakat, termasuk pendatang di wilayah masing-masing agar tidak terpancing dengan isu-isu negatif yang masih terus beredar.

"Ini sebenarnya aksi damai dilakukan oleh pekerja, tetapi ditunggangi untuk kepentingan lain. Ada upaya membuat konflik SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), baik di dalam Morowali Utara maupun antara tenaga kerja asing (TKA) dan karyawan WNI. Perlu kolaborasi lintas sektor untuk mencegah masalah seperti ini," tutur Constantinus.

Dandim menyebut peristiwa ini dapat memengaruhi kepercayaan investor, terutama perusahaan-perusahaan besar yang sedang menanam saham di kabupaten ini.

Bentrok antara TKA China dengan karyawan WNI di PT GNI menyebabkan korban tewas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News