Dapat Limpahan SNM PTN, Kuota SBM PTN di Surabaya Berlebih

Dapat Limpahan SNM PTN, Kuota SBM PTN di Surabaya Berlebih
Ilustrasi.

jpnn.com - SURABAYA – Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) diumumkan secara serentak kemarin (9/7) pukul 17.00. Di antara enam PTN yang ada di bawah Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya, hampir semuanya mampu memenuhi kuotanya, bahkan berlebih.

Ada dua faktor yang membuat kuota di enam PTN tersebut berlimpah. Yakni, kuota limpahan dari hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) dan kuota bidik misi.

Hal tersebut juga terlihat di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Awalnya, kuota mahasiswa baru di kampus itu untuk jalur SBM PTN sebanyak 30 persen dari total daya tampung atau sekitar 1.532 kursi. Kuota akhir yang diterima melalui SBM PTN menjadi 1.927 orang. 

“Di antara jumlah itu, 477 adalah mahasiswa bidik misi,” ungkap Wakil Rektor I Unesa Yuni Sri Rahayu saat ditemui di ruang pertemuan Rektorat Unesa kemarin (9/7) seperti dilansir radar surabaya (JPNN Group).

Menurut perempuan yang juga ketua Panlok 50 Surabaya tersebut, kuota yang berlebih itu merupakan limpahan dari jalur SNM PTN. Sebab, dalam proses daftar ulang di jalur SNM PTN tersebut, ternyata ada 289 calon mahasiswa baru yang tidak melakukan daftar ulang.

Selain itu, terdapat program studi (prodi) yang pendaftarnya tidak sesuai dengan passing grade. Jadi, panitia mengambilkan kuota dari SBM PTN. Di Unesa, setelah diumumkan hasil SBM PTN, calon mahasiswa baru yang diterima diminta untuk melakukan registrasi secara online ke website resmi milik Unesa. 

“Mereka harus mengisi biodata secara lengkap karena itu berkaitan dengan penentuan besaran uang kuliah tunggal (UKT). Selanjutnya, daftar ulang di Unesa pada 3–4 Agustus nanti seusai Lebaran,” jelasnya.

Hal yang sama terjadi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Humas SBM PTN dari ITS Bekti Cahyo Hidayanto menjelaskan bahwa kuota awal ITS dalam SBM PTN sebanyak 971 kursi. Namun, yang diterima melalui jalur tersebut bertambah menjadi 1.141 mahasiswa. 

SURABAYA – Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) diumumkan secara serentak kemarin (9/7) pukul 17.00. Di antara enam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News