Data Honorer jadi CPNS Dimanipulasi

Data Honorer jadi CPNS Dimanipulasi
Data Honorer jadi CPNS Dimanipulasi
AMURANG -- Disinyalir banyak tenaga honorer di Minahasa Selatan (Minsel) dan Sulut pada umumnya, yang memalsukan data usulan pengangkatan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Minsel sudah menemukan adanya kecurangan pembuatan data. Yang paling banyak adalah manipulasi tahun pengangkatan di SK sebagai honorer.

"Ada sejumlah berkas tenaga honorer yang diperiksa ternyata di kop surat awal, pembuatan tahunnya berbeda dengan tahun penandatanganan SK. Dan hal ini langsung kami gugurkan," jelas Kepala BKDD Minsel, Drs James Tombokan, kemarin.

Dia mengatakan, jika data-data yang dimanipulasi itu dikirim ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan BKN mengetahui adanya manipulasi tu, maka tenaga honorer dimaksud bisa dibui. "Kalau ditemukan tim pemeriksa dari pusat, maka bisa dijerat dengan tindak pidana pemalsuan," ujarnya mengingatkan.

Dia menyebutkan, saat ini saat data sementara tenaga honor yang masuk kategori satu (diangkat dari tahun 2005 ke bawah) sudah tercatat ada 226. Dia memperkirakan, jumlahnya bakal bertambah lagi. Dia mengatakan, dari jumlah itu kemungkinan yang akan diusulkan ke pusat tak lebih dari 100.

AMURANG -- Disinyalir banyak tenaga honorer di Minahasa Selatan (Minsel) dan Sulut pada umumnya, yang memalsukan data usulan pengangkatan menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News