Daun Kelor Punya Sederet Faedah, Penderita Hipertensi Wajib Tahu

Daun Kelor Punya Sederet Faedah, Penderita Hipertensi Wajib Tahu
Ilustrasi daun kelor. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Daun kelor memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya ialah membantu mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi (Pergizi) dan Pangan Indonesia Prof. Hardinsyah.

Hardinsyah menjelaskan daun kelor tinggi akan kandungan potasium, magnesium, dan kalsium yang berfungsi mengendalikan tekanan darah.

“Akhir-akhir ini, banyak anjuran untuk membatasi garam, nah lawannya natrium (garam) ya potasium. Jadi, kalau kita banyak makan potasium itu dapat mengendalikan garam dalam tubuh dan mencegah hipertensi,” kata Hardinsyah, Senin (4/7).

Kendati demikian, guru besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut mengingatkan kelor merupakan makanan sehat untuk mengontrol tekanan darah, tetapi tidak dapat dijadikan obat bagi penderita hipertensi. 

Selain kandungan mineral yang tinggi, daun kelor tinggi akan serat, vitamin C dan A yang berguna meningkatkan imunitas tubuh dan mengendalikan gula darah.

"Vitamin C baik untuk imunitas tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit menular seperti flu dan mampu memelihara kesehatan kulit terutama dalam proses penyembuhan luka sehingga tidak mudah infeksi," jelas Hardinsyah.

Hardinsyah menambahkan kebutuhan asupan vitamin C harian sudah dapat terpenuhi dengan mengonsumsi 50 gram daun kelor segar.

Daun kelor memiliki sederet faedah bagi penderita hipertensi. Apa saja manfaatnya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News