Dave Laksono: Koperasi Memainkan Peran Utama Bagi Perekonomian Nasional

Dave Laksono: Koperasi Memainkan Peran Utama Bagi Perekonomian Nasional
Anggota DPR Dave Laksono. Foto: dok Kosgoro

jpnn.com, JAKARTA - Kosgoro 1957 menggelar webinar bertajuk Inovasi Blockchain pada Koperasi dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-65 organisasi tersebut.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957, Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengungkapkan koperasi di Indonesia selama ini memainkan peran utama bagi perekonomian nasional.

“Covid-19 cukup berdampak kepada Ekonomi nasional termasuk Koperasi. Oleh karena itu, pemerintah membuat program untuk Koperasi hadapi situasi pandemi melalui Program Pemulihan Nasional (PEN),” kata  dalam paparannya Senin (14/11).

Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Golkar itu menyebutkan langkah pemerintah sudah tepat membantu koperasi melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dengan menyiapkan dana sebesar Rp184,83 triliun.

Stimulus modal kerja melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga murah dan tanpa agunan tambahan tentu akan memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi dalam Omnibuslaw.

“Namun yang menjadi masalah adalah adaptasi digital yang semakin cepat, maka diperlukan langkah strategis untuk membuat adaptasi koperasi digital, literasi dan penguatan infrastuktur yang juga cepat,” ujarnya.

Menurutnya, diperlukan beberapa hal untuk pengembangan atau transformasi Koperasi dan UMKM dalam UU Cipta Kerja yakni, transformasi usaha informal ke formal, transformasi usaha perorangan atau skala kecil ke skala keekonomian, transformasi UMKM berbasis kawasan, komunitas, klaster, dan rantai pasok.

“Transformasi berbasis teknologi atau transformasi digitalisasi tentunya akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar kapasitasnya bisa meningkat, jelasnya.

Dave Laksono mengungkapkan koperasi di Indonesia selama ini memainkan peran utama bagi perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News