Daya Saing Indonesia Terus Menurun

Daya Saing Indonesia Terus Menurun
Daya Saing Indonesia Terus Menurun

JAKARTA
- Ketua DPD RI Irman Gusman menegaskan tumbuhnya perekonomian tanpa pemerataan karena hanya dinikmati oleh sekelompok kecil orang dapat mengakibatkan memburuknya kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya memuncak pada kekacauan sosial."Perekonomian yang tumbuh tanpa pemertaan, atau dengan pertumbuhan tetapi hanya dinikmati sekelompok kecil orang, dapat mengakibatkan memburuknya kesejahteraan masyarakat, yang kemudian dapat memicu terjadinya kekacauan sosial," kata Irman Gusman, saat jadi keynote speech seminar Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), di Gedung Nusantara IV, komplek parlemen, Senayan Jakarta, Senin (26/10).

Mestinya, lanjut Irman Gusman, pembangunan harus dapat menghasilkan perubahan struktural yang seimbang. Namun yang terjadi justru menghasilkan ketimpangan antar-sektor yang kemudian menumbuhkan struktur ekonomi yang rapuh dan sangat resisten terhadap sebuah perubahan.

"Faktanya dapat kita lihat pada sektor pembangunan industri yang kurang memperhatikan dan memanfaatkan sumber daya alam dan hasil pertanian yang melimpah yang kita miliki, dengan mudah tergoyah oleh perubahan-perubahan yang terjadi di dunia luar," kata Ketua DPD asal Sumbar itu.

Pertumbuhan ekonomi yang kurang merata dan perubahan struktur ekonomi yang tidak seimbang itu, jelas Irman, pasti tidak akan mampu memanfaatkan sumber daya secara optimal. "Bahkan kecendrungannya akan merusak lingkungan dan menghasilkan tingkat kemiskinan yang tinggi."

JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman menegaskan tumbuhnya perekonomian tanpa pemerataan karena hanya dinikmati oleh sekelompok kecil orang dapat mengakibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News