Debat Cawapres, Panggung Hatta Luruskan Pernyataan Prabowo

Debat Cawapres, Panggung Hatta Luruskan Pernyataan Prabowo
Debat Cawapres, Panggung Hatta Luruskan Pernyataan Prabowo

jpnn.com - JAKARTA -- Juru Bicara Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto menilai, debat cawapres bertema Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Teknologi dijadikan momentum bagi Hatta Rajasa untuk meluruskan pernyataan Prabowo Subianto.

Menurutnya, debat SDM dan Iptek seharusnya mampu memberikan inspirasi bagaimana bangsa ini bisa lebih percaya diri karena kemampuan melesat maju mengejar ketertinggalan karena daya juang SDM yang berkarakter, produktif dan berdaya guna, termasuk di dalam menguasai iptek.

Ia mengatakan melalui debat bertema itu  seharusnya Indonesia memiliki strategi untuk memenangkan kompetisi di masa depan.

Modalnya adalah pada kemampuan untuk meningkatkan sense of inventing, untuk hal-hal pokok seperti pangan, obat-obatan, dan peningkatan daya saing produksi rakyat karena sentuhan teknologi tepat guna.

"Namun sayang, Hatta yang pernah menjadi Menristek seharusnya memiliki nilai lebih. Peluang Hatta itu tidak digunakan karena terjebak untuk meluruskan pernyataan  Prabowo yang menjadi blunder dalam debat sebelumnya," kata dia menanggapi debat cawapres, Minggu (29/6) malam.

Pertama, pernyataan Prabowo saat debat pertama yang mengatakan demokrasi hanyalah "alat", yang kemudian dikoreksi oleh Hata bahwa demokrasi "tak hanya alat".

Kedua, lanjut Hasto, menurut Prabowo "kebocoran" anggaran negara amat besar yang dikoreksi Hatta dalam debat tadi malam menjadi yang benar adalah "potensi" hilangnya uang negara.

"Alhasil, publik lebih menilai gagasan Jokowi-JK lebih implementatif karena menyentuh aspek paling dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni penjabaran revolusi mental dalam dunia pendidikan dan iptek," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA -- Juru Bicara Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto menilai, debat cawapres bertema Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News