Debat Terakhir, Ganjar Bakal Sampaikan Program Pendidikan yang Inklusif

Debat Terakhir, Ganjar Bakal Sampaikan Program Pendidikan yang Inklusif
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo - Mahfud Md (TPN Ganjar - Mahfud) Andi Widjajanto. Foto: dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menilai ada beberapa masalah pendidikan saat ini yang harus dibenahi.

Deputi Politik 5.0 TPN Andi Widjajanto mengatakan masalah ini nantinya akan diselesaikan oleh Ganjar-Mahfud apabila terpilih di Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Andi menjelang debat kelima atau yang terakhir bagi calon presiden (capres) pada Minggu (4/2). Adapun temanya adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

“Belum optimalnya kesejahteraan dan kualitas pendidik, masalah aksesibilitas pendidikan inklusif, dan beberapa permasalahan lainnya akan menjadi fokus Mas Ganjar pada debat terakhir nanti,” kata Andi, Selasa (31/1).

Mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional itu juga menyebutkan program unggulan pendidikan yang akan digulirkan adalah bagian dari kompas moral Ganjar dan bukanlah tanpa bukti keberhasilan. Keberhasilan itu, menurutnya, terbukti saat Ganjar menjabat gubernur Jawa Tengah (Jateng) selama sepuluh tahun.

“‘Tuanku ya rakyat, gubernur cuma mandat, itu bukan sekadar tagline, apalagi slogan politik. Kalimat itu adalah kompas moral Mas Ganjar dalam memimpin,” kata Andi.

Di Jateng, tercatat lebih dari 1.800 keluarga terbantu ekonominya berkat program SMKN gratis yang dikerjakan Ganjar. Dengan model asrama yang 100 persen gratis dengan praktikum dan kelas magang di Jepang, sebanyak 81 persen langsung bekerja di dalam dan luar negeri, sementara sisanya melanjutkan studi dan berwirausaha.

“Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal yang inklusif pun jadi perhatian Ganjar, di mana Jateng memiliki sekolah agar perempuan terlibat aktif dalam perumusan kebijakan dan keterampilan teknis agar produktif secara ekonomi,” sebut Andi.

Deputi Politik 5.0 TPN Andi Widjajanto mengatakan masalah ini nantinya akan diselesaikan oleh Ganjar-Mahfud apabila terpilih di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News