Debut Manis Festival Pulo Dua Disambangi Ribuan Wisatawan

Debut Manis Festival Pulo Dua Disambangi Ribuan Wisatawan
Festival Pulo Dua. Foto: istimewa

jpnn.com, SULTENG - Festival Pulo Dua di Balantak, Kabupten Banggai, Sulawesi Tengah, 27-29 Oktober sukses besar.

Meski baru kali pertama dihelat, event yang mengusung tema Berenang, Memancing, Mendaki, dan Menyelam (B3M), itu mampu menyedot ribuan wisatawan.

Para pengunjung menikmati berbagai kegiatan dalam festival itu. Di antaranya, lomba mancing hebat, foto underwater, selfie, fashion show tenun nambo, dan berenang.

Para wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai stan kuliner daerah yang mayoritas terbuat dari ikan.

“Semua unsur terlibat menyukseskan acara. Hasilnya kurang lebih tujuh ribu wisatawan datang dari nusantara atau dari mancanegara. Impact-nya warga Balantak yang merasakan langsung dampak ekonomi dari Festival Pulo Dua,” ujar Bupati Banggai Herwin Yatim seusai Festival Pulo Dua, Minggu (29/10).

Herwin menambahkan, kabupaten yang dipimpinnya memiliki potensi bahari yang sangat besar. Wisatawan bisa menikmati destinasi alam dan bahari di Banggai. Misalnya, Sungai Lukmanenteng, Pantai Kilo Lima, Air Terjun Salodik, dan Pulo Dua.
Di Pulo Dua sendiri, sambung Herwin, tidak hanya memiliki satu atau dua dive spot.

Pulau Dua memiliki sekitar 35 dive site. Beberapa di antaranya sudah dijelajahi dan diberi nama. Mulai Alibaba, Ondoliang Rock, Rock & Wreck, Batu Tetek, Solan Reef, Obe Point, Smile Point, Shallow Paradise, Batu Gong, Arena, dan Batu Mandi atau Nemo Rock.

“Wisatawan asal Eropa paling banyak ke sini seperti Prancis, Inggris, dan Australia. Dengan adanya Festival Pulo Dua ini, diharapkan mampu mengekspose potensi bahari serta memperbaiki infrastruktur yang ada di Pulo Dua,” katanya.

Festival Pulo Dua di Balantak, Kabupten Banggai, Sulawesi Tengah, 27-29 Oktober sukses besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News