Deklarasi Melaka di Hari Wartawan Nasional Malaysia 2022

Deklarasi Melaka di Hari Wartawan Nasional Malaysia 2022
Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menghadiri Hawana. ANTARA Foto/Agus (1)

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Peringatan Hari Wartawan Nasional (HAWANA) Malaysia 2022 berlangsung di ballroom Hotel Hatten Melaka, Minggu (29/5). Acara yang dihadiri Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob itu menghasilkan lima pernyataan sikap yang diberi nama Deklarasi Melaka 2022.

Pernyataan tersebut dibacakan oleh tokoh media Malaysia di hadapan Perdana Menteri, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Annuar Musa, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kasnong, para pimpinan media dari Indonesia dan sejumlah undangan yang hadir.

Isi lima pernyataan tersebut adalah kewartawanan dipelihara dan diakui sebagai institusi negara, menghormati hak wartawan menjalankan tugas, menjunjung undang-undang dan prinsip rukun negara, kewartawanan bermartabat integritas dan memerangi berita palsu.

Menanggapi deklarasi tersebut, Ismail Sabri dalam sambutannya mengatakan deklarasi tersebut mencerminkan komitmen dan keseriusan kelompok wartawan dalam membantu memperkukuhkan hubungan Keluarga Malaysia serta menjaga keharmonian negara melalui profesionalisme kewartawanan itu sendiri.

"Saya menyambut baik Deklarasi Melaka dan berharap semua wartawan dapat terus mendukung prinsip dan tanggungjawab yang berkaitan dengan etika dan profesionalisme bidang kewartawanan," katanya.

 Pidaknya mengakui bahwa profesi kewartawanan harus tetap bebas dan berfungsi tanpa gangguan dan campur tangan pihak lain bagi menjamin kebebasan bersuara di negara ini.

Dia mengatakan pemerintah tidak pernah menghalangi media menyiarkan laporan berita yang adakalanya dijadikan panduan pihak berwajib untuk mengambil tindakan susulan seperti bertindak menyalurkan bantuan untuk kesejahteraan warga.

"Pemerintah senantiasa mendengar dan prihatin terhadap laporan yang disampaikan oleh media. Semua kementerian dan lembaga pemerintah senantiasa memberi kerjasama kepada media dalam membantu memudahkan penyaluran informasi yang seimbang, tepat, sahih dan memuaskan hati seluruh rakyat," katanya.

Peringatan Hari Wartawan Nasional (HAWANA) Malaysia 2022 melahirkan Deklarasi Melaka, apa isinya

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News