Delapan Siswa Thailand Belajar di Banjarmasin

Delapan Siswa Thailand Belajar di Banjarmasin
Delapan siswa Uttaradit Vocational College Thailand belajar di SMKN 4 Banjarmasin. Foto: Radar Banjarmasin/JPG


BANJARMASIN – Program pertukaran pelajar antara SMKN 4 Banjarmasin dengan Uttaradit Vocational College Thailand berjalan lancer.

Sepuluh siswa SMKN 4 Banjarmasin sudah sebulan belajar di Uttaradit Vocational College. Kini giliran Uttaradit Vocational College Thailand mengirimkan delapan siswa dan empat guru ke SMKN 4 Banjarmasin.

Pelajar dan guru dari Uttaradit Vocational College Thailand baru saja tiba di Banjarmasin, kemarin (17/2). Selama satu bulan siswa dan guru tersebut akan belajar di SMKN 4 Banjarmasin. 

Dari delapan siswa dari sana, rinciannya, dua siswa jurusan UPW (Usaha Perjalanan Wisata), dua siswa jurusan perhotelan, dua siswa jurusan tata busana, dan dua siswa jurusan Tata Boga. Masing-masing jurusan ditemani oleh satu guru.

Guru dari Uttaradit Vocational College Thailand, Saranya Hongpang, senang dengan pertukaran pelajar tersebut. Apalagi tidak hanya siswa yang belajar di Banjarmasin, namun juga guru. 

“Saya senang belajar di sini. Banyak persamaannya, kebudayaannya pun hampir sama. Saya ingin siswa kami mempelajari apa saja yang bisa ditiru. Dan saya harap kerjasama ini akan terus berlangsung lama,” kata guru UPW (Usaha Perjalanan Wisata) itu.

Kepala SMKN 4 Banjarmasin, Syafruddin Noor, mengatakan bahwa kerjasama ini sudah berlangsung selama dua tahun. Sudah dua kali mengirimkan siswa ke sana. Pada 2015 lalu, SMKN 4 mengirimkan satu guru dan empat siswa. 

“Tahun lalu masih tahap perkenalan, jadi jumlah yang dikirim sedikit,” ujarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News