Demi Ekonomi, Pemerintah Jepang Imbau Warga Berwisata di Tengah Pandemi

Demi Ekonomi, Pemerintah Jepang Imbau Warga Berwisata di Tengah Pandemi
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, TOKYO - Demi membangkitkan ekonomi, pemerintah Jepang akhirnya mencabut seluruh larangan perjalanan domestik yang sebelumnya diberlakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Warga pun diimbau untuk kembali melakukan kegiatan wisata.

"Saya ingin orang-orang, sambil tetap mematuhi jarak fisik, untuk melakukan perjalanan wisata. Kami ingin Anda terlibat dalam kegiatan sosial dan ekonomi," kata Perdana Menteri Shinzo Abe saat menyampaikan pidato negara, Kamis malam (18/6).

Pelonggaran terbaru ini diterapkan setelah berakhirnya masa darurat, yang memungkinkan orang untuk kembali bekerja serta bar-bar dan restoran dibuka kembali dengan menerapkan langkah-langkah jarak sosial.

Berakhirnya larangan bagi orang untuk meninggalkan prefektur yang terinfeksi juga akan membantu hotel, resor, dan area yang sangat bergantung pada pariwisata.

Namun, upaya pemulihan mungkin berjalan lambat karena banyak orang masih menghindari keramaian dan sebagian besar perjalanan ke Jepang dilarang.

Menurut Organisasi Pariwisata Nasional Jepang, hanya 1.700 orang asing tiba di Negeri Sakura itu pada Mei, jumlah terendah sejak 1964.

Dua maskapai besar Jepang, ANA Holdings dan Japan Airlines Co, telah memulai kembali beberapa penerbangan domestik karena permintaan meningkat. Namun, kedua maskapai mengatakan jadwal penerbangan pada Juli masih hanya mencakup setengah yang mereka rencanakan sebelum pandemi.

Selain mengakhiri imbauan tidak melakukan perjalanan domestik, Jepang juga mengizinkan hingga 1.000 orang untuk berkumpul pada acara di dalam maupun luar ruangan. Tim bisbol profesional Jepang juga akan memulai kembali pertandingan hari ini, Jumat (19/6), meskipun tanpa penonton.

Demi membangkitkan ekonomi, pemerintah Jepang mengimbau warga berwisata di tengah pandemi virus corona

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News