Demo Mahasiswa Hari Ini, Jenderal Listyo Singgung Penumpang Gelap, Waspada!

Demo Mahasiswa Hari Ini, Jenderal Listyo Singgung Penumpang Gelap, Waspada!
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespons aksi demo mahasiswa hari ini, Senin 11 April 2022. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya mengawal dan mengamankan aksi demo mahasiswa secara humanis pada Senin, 11 April 2022 hari ini.

Listyo menyampaikan hal itu saat menggelar video konferensi bersama seluruh jajaran baik dari tingkat Mabes Polri, Polda, dan Polres jajaran. 

Eks Kabareskrim itu mengatakan Polri memberikan dan menjamin tiap warga negara menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. 

"Pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demo," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/4).

Menurut Listyo, Polri memiliki komitmen dalam rangka menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

Dalam hal ini, lanjut Listyo, Korps Bhayangkara berpegang teguh UUD 1945 maupun Undang-Undang (UU) soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia.

Di sisi lain, kata Listyo, aparat kepolisian tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Mantan Kapolda Banten itu pun berharap, demo mahasiswa pada 11 April mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya mengawal dan mengamankan aksi demo mahasiswa dan mengantisipasi penumpang gelap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News