Demokrat Tentukan Jagoan Bulan Depan

Demokrat Tentukan Jagoan Bulan Depan
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BOGOR - Partai Demokrat (PD) akan memulai penjaringan Calon Gubernur (Cagub) DKI April ini. Penjaringan Cagub DKI ini bersamaan dengan penjaringan cagub enam provinsi lain yang ikut pilkada serentak 15 Februari 2017 mendatang.

“Penjaringan atau pendaftaran mulai April. Sementara Mei, Juni, Juli, kita lakukan survei, rapat dan musyawarah di majelis tinggi. September kemungkinan mulai pendaftaran. Ini tidak saja DKI, tapi enam provinsi lain yang ikut pilkada serentak 2017 di seluruh Indonesia,” ungkap Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Senin (28/3).

Tujuh provinsi yang akan melaksanakan pemilihan gubernur tahun depan antara adalah Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Untuk para calon gubernur ini, bisa saja dari internal dan luar PD. “Kita terus mencari dan menjalin komunikasi. Waktunya kan masih panjang. Siapa saja bisa baik kader maupun bukan kader, sepanjang memiliki integritas, kapabilitas dan popularitas,” jelasnya.

Menurut Hinca, acara pembekalan pimpinan dan kader utama Partai Demokrat di Bogor sepanjang pekan ini juga merupakan bagian penjaringan calon kepala daerah dari kalangan internal. Karena itu pula lah, Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono turun langsung memberikan materi. 

"Hari ini (kemarin, red), kami akan memulai merekrut para calon pemimpin mulai dari level kabupaten atau kota, gubernur maupun presiden. Kami siap untuk menyiapkan calon pemimpin dari Demokrat," katanya.

Terkait Yusril Ihza Mahendra yang melakukan pendekatan kepada Ketua Umum PD SBY, menurutnya hal itu biasa saja. Sebab, bisa saja Yusril ini sedang menjalin silaturrahmi dengan SBY, disebabkan Yusril merupakan salah seorang menteri di era SBY. “Begitu juga dengan calon-calon lain, bisa saja menjalin komunikasi. Tour de Java yang dilakukan Pak SBY kemarin juga merupakan salah satu cara kita untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa ini,” jelasnya. (ral/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News