Demonstran Hong Kong Rencanakan Aksi Duduk di Mal

Demonstran Hong Kong Rencanakan Aksi Duduk di Mal
Ribuan demonstran beraksi di bandara Hong Kong. Foto: Reuters

jpnn.com, HONG KONG - Ulah demonstran Hong Kong makin menjadi-jadi. Setelah sukses mengambil alih bandara beberapa pekan lalu, kini mereka merencanakan aksi duduk di mal.

Mereka juga berencana mendatangi Konsulat Inggris besok, Minggu (15/9), untuk menuntut agar Tiongkok menghormati Deklarasi Bersama Tiongkok-Inggris yang diteken pada 1984.

Massa menggelar aksi secara damai di seluruh wilayah pada Jumat (13/9). Mereka bernyanyi dan meneriakkan yel-yel yang berbeda dengan aksi kekerasan beberapa pekan sebelumnya.

Aksi protes berawal dari penentangan terhadap rancangan undang-undang ekstradisi yang kini telah dicabut. Namun, kini fokus demonstran adalah melindungi Hong Kong dari upaya pemerintah pusat untuk mengikis kebebasan sipil. Banyak juga pengunjuk rasa kalangan muda yang geram soal biaya hidup yang terlalu tinggi dan kurangnya prospek lapangan pekerjaan.

Aksi protes dimulai pada Juni lalu. Meski berbagai upaya telah dilakukan otoritas Hong Kong, belum terlihat tanda-tanda aksi ini akan berhenti dalam waktu dekat. (ant/dil/jpnn)

Ulah demonstran Hong Kong makin menjadi-jadi. Setelah sukses mengambil alih bandara beberapa pekan lalu, kini mereka merencanakan aksi duduk di mal.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News